Siaga Khusus Nataru, Basarnas Mataram Melaksanakan Pemantauan Melalui Udara

Mataram- Jumat (25/12) pagi, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram Nanang Sigit PH menerbangkan pesawat tipe Microlight dari eks Bandara Selaparang, Mataram. Kegiatan ini dilakukan masih dalam rangkaian kegiatan Siaga SAR Khusus Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Saat ditemui di eks Bandara Selaparang, Nanang Sigit PH mengatakan pelaksanaan Siaga SAR Khusus kali ini yang telah memasuki hari ke delapan, Basaranas Mataram melakukan pemantauan melalui udara menggunakan pesawat tipe Microlight. Sementara personilnya tetap melaksanakan mobiling baik darat maupun laut seperti hari-hari sebelumnya.

“Kami mencoba melaksanakan pemantauan melalui udara untuk melihat pada poin-poin mana yang ramai dikunjungi oleh masyarakat, sehingga kami bisa informasikan kepada tim yang ada di darat,” katanya usai menerbangkan pesawat FASI (Federasi Aerosport Seluruh Indonesia ) dengan nomor registrasi PK-S208, Jumat, di Mataram.

Tim yang sedang melaksanakan siaga SAR khusus di darat akan merespon ke point / tempat yang ramai, yang tentunya menjadi potensi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Berdasarkan hasil pemantauan via udara, tidak terlihat terjadinya lonjakan pengunjung ke tempat-tempat wisata secara signifikan dan cenderung sepi khususnya di wilayah pantai Senggigi, Lombok Barat hingga Bangsal, Lombok Utara.

“Dari kami memprediksi bahwa lonjakan itu akan terjadi pada hari Sabtu, Minggu atau pun juga saat menjelang tahun baru atau akhir bulan ini (Desember 2020),” Tutupnya.

Basarnas Mataram telah melaksanakan Siaga Khusus Nataru sejak tanggal 18 Desember 2020 dengan menerjunkan personil sebanyak 60 orang.(red)

__Posted on
December 25, 2020
__Categories
News