18 Pemuda Dari 6 Desa Penyangga The Mandalika Terpilih Ikuti Pelatihan Mekanik

Lombok Tengah – 18 pemuda terpilih dari enam desa penyangga The Mandalika, Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Lombok NTB yang dikembangkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata di Indonesia, akan mengikuti pelatihan mekanik sepeda motor yang diselenggarakan oleh ITDC bekerjasama dengan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) selama 4 bulan.

Pelatihan yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga mekanik sepeda motor yang terampil dan profesional serta siap pakai, bahkan dapat membuka usaha perbengkelan motor ini telah menyelesaikan tahap pendaftaran peserta yang dilakukan di Desa Mertak, Desa Rembitan, Desa Prabu, Desa Kuta, Desa Sukadana & Desa Sengkol, sebagai awal dari tahap seleksi untuk memilih tiga orang pemuda dari setiap desa.

Pendaftaran peserta yang dilakukan pada 10-15 Juni 2021, telah menjaring 37 orang pendaftar dari enam desa. Yang menjadi kriteria peserta pelatihan ini adalah siswa lulusan SMA/SMK atau sederajat, usia maksimal 27 tahun, sehat jasmani dan rohani, memiliki pengetahuan dan minat di bidang perbengkelan serta bersedia mengikuti pelatihan secara penuh.

Para pendaftar kemudian akan memasuki tahap seleksi untuk memilih calon peserta berdasarkan kualifikasi yang ditentukan dan sesuai jumlah kuota yang disediakan. Seleksi administrasi dilakukan 16-17 Juni 2021 dan selanjutnya tes tulis dan wawancara pada 19 Juni 2021 untuk mengukur kemampuan akademis calon peserta, dan memilih 18 peserta pelatihan.

Peserta pelatihan kemudian akan mengikuti pelatihan di kelas selama 8 hari pada 23-30 Juni 2021 sebelum masuk ke seleksi tahap akhir berupa uji akademis. Dari seleksi tahap akhir ini 12 orang yang lulus uji akademis akan mengikuti magang di AHASS selama 3 bulan pada Juli-September 2021.

Vice President Corporate Secretary Miranti Nasti Rendranti menyampaikan, “Kami senang dapat memfasilitasi kembali masyarakat desa penyangga The Mandalika dengan sebuah pelatihan yang berguna bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia sejalan dengan pengembangan kawasan The Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang menyajikan atraksi kelas dunia.

Melalui proses seleksi yang tengah berjalan, kami berharap bisa mendapatkan pemuda-pemuda terbaik daridesa penyangga yang siap dilatih menjadi tenaga terampil mekanik sepeda motor, yang siap mendukung perhelatan event-event balap motor dunia yang diselenggarakan di The Mandalika.

Kepala Desa Kuta Lalu Mirate mengungkapkan, Kami yakin pelatihan mekanik ini akan mendorong semangat belajar anak muda di desa kami, sekaligus memotivasi diri lebih mandiri dalam berwirausaha dan kedepan dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, khususnya dibidang perbengkelan.

Kami selaku warga desa penyangga The Mandalika berharap pelatihan semacam ini dapat terus dilakukan untuk membangun sumber daya manusia yang berdaya saing seiring dengan perkembangan dunia usaha di Kawasan The Mandalika khususnya dan Lombok Tengah umumnya.

“Melalui kegiatan pelatihan yang merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini, kami berharap masyarakat desa penyangga kawasan The Mandalika semakin merasakan manfaat kehadiran ITDC dan dapat memanfaatkan kesempatan-kesempatan pelatihan yang kami siapkan, sehingga dapat bersama-sama membangun kawasan The Mandalika menjadi kawasan yang membawa manfaat bagi kita semua,” tutup Miranti.

__Posted on
June 16, 2021
__Categories
News