Masuk TOP 1000 Sekolah, SMAN 1 Praya Jadi Yang Terbaik Di Lombok Tengah

Lombok Tengah – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kembali merilis TOP 1000 sekolah dengan nilai total tertinggi pada penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021. UTBK sendiri merupakan proses tes seleksi yang harus dilewati oleh calon mahasiswa untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Seperti tahun sebelumnya, SMAN 1 Praya kembali masuk ke dalam 5 (lima) besar sekolah jenjang SMA dengan perolehan nilai tertinggi. Hal ini menandakan bahwa SMA Negeri 1 Praya masih menjadi sekolah menengah tingkat atas yang mampu menghasilkan output/lulusan yang baik. Lulusan yang mampu bersaing di tingkat nasional dengan perolehan nilai UTBK yang tinggi.

SMAN 1 Praya menjadi satu-satunya sekolah jenjang SMA di Kabupaten Lombok Tengah yang masuk dalam TOP 1000 Nilai UTBK Tertinggi Tahun 2021. Di tingkat nasional, tahun ini SMAN 1 Praya berada di posisi 915, naik 51 point dari tahun sebelumnya yang berada pada posisi 966. Sedangkan di tingkat Provinsi NTB berada di posisi ke-5 setelah MAN Insan Cendikia (1), SMA Negeri 1 Mataram (2), SMAN 1 Selong (3) dan SMAN 5 Mataram (4).

Menanggapi hal tersebut, Kadian selaku Kepala SMAN 1 Praya merasa bersyukur dengan perolehan membanggakan dari alumninya. Bahwa alumni mampu bersaing dan berprestasi di tingkat nasional dengan nilai perolehan UTBK yang memuaskan. Lebih lanjut ia menambahkan bahwa SMAN 1 Praya tidak boleh terlalu cepat merasa puas dengan capaian yang sudah ditorehkan.

“Walapun kami bersyukur dengan lompatan 51 poin dan rangking 5 provinsi, tapi kami masih belum puas. Target kami ke depan adalah menjadi yang terbaik di tingkat nasional”, balasnya melalui pesan singkat WhatsApp.
Sementara itu, Basuki selaku Waka Kurikulum mengatakan sekolah patut mengapresiasi capaian tersebut. Di tengah pandemic Covid-19 dan suasana proses belajar mengajar yang tidak normal, SMAN 1 Praya masih mampu menyelenggarakan proses belajar mengajar yang baik dan efektif dengan menghasilkan alumni yang mampu menorehkan nilai yang tinggi di UTBK. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen sekolah yang telah bekerja keras menyukseskan proses belajar mengajar selama ini.

“Pencapaian ini perlu diapresiasi pihak sekolah. Hal ini karena kerja sama semua pihak yang ada baik kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa, orang tua dan lainnya.”, ungkapnya.

__Posted on
October 2, 2021
__Categories
News