Inilah Fakta Menarik tentang Lombok yang Wajib Diketahui

Lombok merupakan salah satu pulau yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di Pulau Lombok terdapat lima kabupaten dan kota. Kelimanya adalah Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara dan Kota Mataram.

Di masing-masing daerah memiliki keunikannya masing-masing. Sehingga sangat menarik untuk dikunjungi sebagai tujuan berwisata. Di Lombok Utara ada Gili Trawangan yang terkenal. Di Lombok Tengah ada Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Kemudian di Lombok Barat ada Desa Wisata Sesaot dan Pantai Senggigi. Sedangkan di Lombok Timur terdapat Gunung Rinjani. Ada pula di Kota Mataram teradapat Islamic Center dan wisata kuliner.

Arti nama lombok

Orang-orang di luar Lombok mengira bahwa Lombok itu berarti cabai. Padahal Lombok itu berarti lurus, berasal dari bahasa Suku Sasak yaitu “lomboq”.

Konon Nama ini diberikan untuk memperingati perjalanan panjang leluhur masyarakat Lombok saat menemukan pulau ini. Seiring berjalannya waktu, kata “lomboq” diubah menjadi Lombok.

Dijuluki pulau seribu masjid

Lombok dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid. Hal itu karena di Lombok terdapat banyak masjid. Setiap desa di Pulau Lombok memiliki masjid.

Masyarakat di Pulau Lombok tidak hanya menjadikan masjid sebagai tempat salat, namun juga digunakan untuk kegiatan-kegiatan kegamaan lainnya. Misalnya untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad, kegiatan pengajian dan banyak lainnya.

Suku asli

Penduduk asli Pulau Lombok adalah suku Sasak yang mayoritasnya menganut agama Islam. Selain suku sasak yang populasinya mencapai 80%.

Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah Bahasa Sasak. Kecuali untuk sektor formal. Masyarakat Suku Sasak memiliki budaya yang masih lestari hingga saat ini.

Beberapa di antaranya adalah begawe, merariq, maulid nabi dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan kebudayaan masih tetap lestari yang dikemas dengan lebih modern.

Punya gunung yang menjulang tinggi “rinjani”

Bagi pencinta wisata ekstrem, pasti sudah tidak asing lagi dengan Gunung Rinjani. Gunung ini menjadi salah satu destinasi wisata.

Gunung Rinjani juga merupakan gunung api tertinggi nomor dua di Indonesia. Dari puncak Rinjani, pendaki ataupun wisatawan dapat melihat pemandangan Pulau Lombok.

Gunung Rinjani berada di ketinggian 3.726 mdpl. Tak heran jika Rinjani merpakan salah satu Destinasi favorit wisatawan dari luar Pulau Lombok.

itulah fakta menarik tentang Lombok yang wajib diketahui. Pastikan untuk merencanakan liburanmu dengan baik. Sehingga kamu bisa berkunjung ke banyak destinasi wisata yang ada di Pulau Lombok.

__Posted on
October 28, 2021
__Categories
Wisata