Masjid Kuno Bayan Beleq

Julukan Lombok sebagai pulau 1000 Masjid pastinya sudah nggak asing lagi buat kalian. Tapi, kalian tau nggak dimana letak masjid tertua yang ada di Lombok?

Yap! Kali ini mimin akan memberikan informasi singkat tentang salah satu masjid tertua yang ada di Lombok, yaitu Masjid Kuno Bayan Beleq yang terletak di jalan Labuan Lombok, Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Masjid Bayan Beleq diperkirakan dibangun sekitar 500 tahun yang lalu, tak seorang pun tahu siapa yang membangun Masjid ini. Versi lainnya mengatakan bahwa yang membangun Masjid ini adalah Syeh Gaus Abdul Razak, salah seorang penyebar agama Islam di Bayan, dia membangunnya pada sekitar abad ke-16.

Versi lainnya lagi, sebagaimana disampaikan oleh Raden Palasari, juru kunci Masjid, bahwa Masjid ini dibangun sekitar abad ke-15 oleh Sunan Prapen.

Walaupun dinamakan Masjid, tapi fungsi dari Masjid Bayan Beleq nggak seperti Masjid pada umumnya. Masjid ini hanya dipakai pada saat perayaan seperti Idulfitri, Iduladha, Maulid Nabi, Tahun Baru Islam, dan kegiatan besar keagamaan lainnya.

Buat kalian yang penasaran, yuk langsung saja rencanakan liburan kalian ke destinasi wisata yang satu ini. Tapi tetap ingat, kemanapun tujuan liburannya kalian harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menggunakan handsanitizer agar kita bisa mencegah penularan covid-19.

__Posted on
November 2, 2021
__Categories
Wisata