3 Destinasi Wisata yang Menarik untuk dikunjungi di Sumbawa

Sumbawa merupakan sebuah pulau yang berada di Nusa Tenggara Barat. Pulau terbesar di Nusa Tenggara Barat ini memiliki banyak destinasi wisata alam yang sangat menarik lho, dan merupakan salah satu tujuan favorit para wisatawan selain Pulau Lombok dan Pulau Bali. Selain itu, destinasi wisata alamnya juga cocok banget lho buat kamu yang memiliki jiwa petualang. Nah, berikut ini ulasan 5 destinasi wisata paling kece di Sumbawa yang wajib masuk itinerary-mu.

  1. Pulau Kenawa
    Destinasi wisata paling kece di Pulau Sumbawa yang pertama adalah Pulau Kenawa. Pulau yang tidak berpenghuni ini, terkenal dengan padang rumput savananya yang luas. Menariknya lagi, terdapat sebuah bukit dengan ukuran sedang di tengah-tengah pulaunya. Para wisatawan bisa mendakinya hanya dalam waktu 10 menit lho.

Dari atas bukit yang tidak terlalu tinggi tersebut, akan terlihat secara keseluruhan pesona Pulau Kenawa, mulai dari padang savananya yang kehijauan, pasir pantainya yang putih bersih hingga lautnya yang berwarna biru jernih. Para wisatawan juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan bersnorkeling atau diving.

Nah, untuk harga tiket masuknya juga cukup terjangkau lho guys, yaitu sekitar Rp 50.000/orang. Pulau Kenawa lokasinya berada di Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

  1. Pulau Paserang
    Setelah mengunjungi Pulau Kenawa, kamu juga bisa mengunjungi pulau eksotis lainnya yaitu Pulau Paserang. Fasilitas yang dimiliki di Pulau Paserang juga lebih lengkap dibandingkan dengan Pulau Kenawa, seperti tersedianya toilet, penerangan listrik, dan juga saung. Para wisatawan bisa menikmati keindahan Pulau Paserang dengan melakukan trekking. Untuk jalur trekkingnya ada dua jalan, yaitu sisi barat dan sisi timur. Jika kamu memilih sisi barat, maka kamu bisa menikmati keindahan Gunung Rinjani. Nah, jika kamu memilih sisi timur, maka kamu dapat menikmati hamparan laut biru yang sangat eksotis.

Selain itu, kamu juga bisa berenang atau snorkeling karena ombaknya lautnya yang tenang. Untuk harga tiket masuknya masih gratis lho guys, kamu hanya cukup menyewa kapal untuk bisa menuju pulau eksotis ini, yaitu dengan biaya sewa sekitar Rp 500.000 dengan kapasitas maksimal 10 orang.

Dengan menyewa kapal, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Kenawa, karena lokasi keduanya yang berdekatan. Pulau Paserang lokasinya berada di Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

  1. Pantai Maluk
    Destinasi wisata ketiga yang wajib masuk itinerary-mu jika berada di Sumbawa adalah Pantai Maluk. Pantai Maluk ini merupakan surganya para peselancar lho, pasalnya ombak yang ada di pantai Maluk ini merupakan salah ombak terbaik di dunia. Ombak di Pantai Maluk dikenal dengan nama Super Suck, karena ombaknya terpecah saat menuju ke daratan akibat sebuah tanjung.

Selain dapat berselancar, wisatawan juga bisa menikmati keindahan laut sambil duduk santai di pasir pantainya yang halus dan putih sambil menunggu matahari terbenam dengan sangat memesonanya. Para wisatawan juga bisa menyaksikan penyu yang ada di penangkaran penyu di tepi pantai. Lokasi Pantai Maluk ini cukup terpencil, yaitu berada di Distrik Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat.

__Posted on
November 5, 2021
__Categories
Wisata