Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI Ke Lombok NTB

Lombok Tengah – Dalam rangka Kunjungan Kerja Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, Aparat TNI-Polri dan beberapa Instansi terkait lainnya melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Bandara Internasional Lombok Kamis (11/11/21).

Apel Gelar Pasukan ini untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan Satgas Pengamanan VVIP yang disiapkan baik secara perorangan maupun satuan, serta untuk memastikan terjalinnya sinergitas dan kerjasama yang baik, antar unsur pengamanan yang terlibat.

Selain itu, pada pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini, para Personil pasukan pengamanan, diberikan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing, sesuai dengan Protap Pengamanan VVIP yang berlaku.

Dalam amanat Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI. Maruli Simanjuntak, M.Sc., selaku Pangkogasgab Pam VVIP yang dibacakan oleh Komandan Korem (Danrem) 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani, S. Sos, S.H, M. Han., selaku Dansatgas PAM VVIP Wilayah NTB menyampaikan, sebagai Aparat Negara, baik TNI-Polri dan Pemerintah Daerah serta komponen masyarakat lainnya harus selalu bersinergi dalam pelaksanaan pengamanan.

“Pengamanan seperti ini sudah sangat sering kita laksanakan bersama. Namun perlu di ingat, tidak ada istilah rutinitas dalam pengamanan VVIP, setiap pengamanan yang sifatnya VVIP, harus diperlakukan sebagai operasi baru. Segala sesuatunya mulai dengan perencanaan, persiapan, sampai dengan pelaksanaan pengamanan, harus dipersiapkan dengan matang,” ujarnya.

“Setiap objek yang di amankan harus dapat memberikan jaminan keamanan yang terbaik dan maksimal. Segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pada pengamanan VVIP ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan serius” ucapnya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., selaku Dansubsatgas PAM VVIP di wilayah Lombok Tengah, saat memberikan arahan kepada para personil pengamanan khususnya yang bertugas di ring 3 Pam VVIP, menekankan agar Prajurit dapat memahami dan menguasai Prosedur Tetap Pengamanan VVIP.

“Pegang teguh disiplin dengan memahami Rantai Komando yang efektif dan efisien, tingkatkan kepekaan dan laksanakan koordinasi secara optimal serta cermati serta ikuti setiap perkembangan situasi yang terjadi secara terus menerus dan segera laporkan,” kata Dandim.

“Koordinasi dan komunikasi antar unsur pengamanan harus terus dilakukan demi kelancaran pelaksanaan tugas, apabila terjadi hambatan dalam pelaksanaan tugas maka diharapkan supaya dapat segera diatasi dengan sebaik-baiknya,” tambah Dia.

“Kemudian utamakan Faktor keamanan baik personel maupun materiil. Mengingat situasi Pandemi Covid-19 yang masih terjadi, tentunya tidak lupa juga kita harus selalu melaksanakan aturan Disiplin Protokol Kesehatan, terutama masker harus selalu digunakan,” tutupnya.

__Posted on
November 11, 2021
__Categories
News