Pengembangan RTH Untuk Peningkatan Kesejahteraan dan Penguatan Ekosistem Alam

Lombok Tengah – Kodim 1620/Loteng bersama Komunitas Budaya Bersih dan masyarakat Kelurahan Panjisari Kecamatan Praya, Lombok Tengah, melaksanakan penanaman 120 bibit pohon palem, cemara, manggis dan nangka.

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu tolak ukur implementasi konsep perkotaan yang berkelanjutan melalui penerapan prinsip ekonomi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Peningkatan temperatur global di Alam, dan bencana ekologis yang mendera masyarakat semakin mendorong komitmen warga bersama Kodim 1620/Loteng dan Komunitas Budaya Bersih, untuk mendayagunakan RTH secara berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Terpisah, Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., mengatakan hal ini adalah titik balik yang penting karena penerapan prinsip ekonomi RTH diharapkan terbangun keseimbangan antara usaha meningkatkan kesejahteraan dengan perlindungan lingkungan dan peningkatan kesehatan ekosistem alam.

“Lombok Tengah sebagai daerah pariwisata super prioritas dengan kawasan wisata yang luas memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” ujarnya Dandim, Senin 13 Desember 2021.

“Sekaranglah waktunya untuk mentransformasikan komitmen menjadi aksi untuk menciptakan inovasi dan solusi cerdas, baik dalam mitigasi maupun adaptasi masa depan yang terbaik bagi generasi yang akan datang,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, masyarakat di Kelurahan Panjisari memproyeksikan kontribusi ekonomi RTH melalui pengolahan limbah/sampah menjadi pupuk kompos dan pakan ternak, serta menjadikan Panjisari sebagai tempat wisata umum.

Proporsi tersebut bertujuan untuk menjamin keseimbangan ekosistem kota baik sistem hidrologi dan mikroklimat, maupun sistem ekologis lain.

Keseimbangan ekosistem ini dapat meningkatkan ketersediaan udara bersih yang diperlukan masyarakat, ruang terbuka bagi aktivitas publik serta dapat meningkatkan nilai estetika kota.

Terkait hal ini, Kodim 1620/Loteng berkomitmen memberikan bantuan bibit pohon dan bekerja sama melakukan kegiatan-kegiatan positif di lingkungan Kelurahan Panjisari, demi kebaikan bersama.

__Posted on
December 13, 2021
__Categories
News