Peringati Hari Juang TNI AD, Kodim Loteng Ziarah ke TMP Mandalika

Lombok Tengah – Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat merupakan tanggal khusus bagi Korps Infanteri TNI AD dan diperingati setiap tanggal 15 Desember untuk mengenang Pertempuran Ambarawa.

Peristiwa heroik para pendahulu TNI AD bersama-sama rakyat bertempur mempertahankan wilayah Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 itulah yang akhirnya dijadikan momentum HUT TNI AD.

Sebelumnya Hari Juang Kartika TNI AD bernama Hari Infanteri.

Dalam rangka memperingati hari bersejarah bagi TNI AD tersebut, Kodim 1620/Lombok Tengah melakukan Upacara Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Mandalika Jl. Pahlawan Kecamatan Praya, Lombok Tengah, Selasa 14 Desember 2021.

Pelaksanaan upacara ziarah rombongan dipimpin langsung oleh Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., dan di ikuti oleh personil jajaran baik TNI, PNS dan Anggota Persit, serta Polri dan Satpol PP yang tersusun dalam pasukan upacara.

Upacara berlangsung tertib dan khidmat. Diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, selanjutnya untuk mengenang jasa para pahlawan dilaksanakan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan.

Upacara ziarah rombongan diakhiri dengan acara tabur bunga di pusara para pahlawan kusuma bangsa yang dilakukan oleh pimpinan rombongan dan diikuti para peserta upacara, selanjutnya pengisian dan penandatangan buku tamu oleh pimpinan rombongan.

Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., mengatakan bahwa Hari Juang TNI AD yang dulunya dikenal dengan Hari Juang Kartika adalah tonggak sejarah bagi TNI, khususnya bagi anggota TNI-AD.

“Kegiatan jiarah ini untuk mengenang jasa para pahlawan serta mendoakan agar mendapat tempat yang semestinya sesuai dengan jasa perjuangan kepada Negara dan Bangsa,” ujarnya.

“Peringatan Hari Juang TNI AD diharapkan mampu menjadi penyemangat bagi para prajurit dalam melaksanakan tugas sehari-hari, mengabdi kepada Negara dan Bangsa,” ungkapnya.

__Posted on
December 14, 2021
__Categories
News