Bupati Fauzan Minta IPHI Kuatkan Peran Di Masyarakat

Lombok Barat – Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid sangat mengapresiasi terbentuknya pengurus dewan pengurus cabang Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) tingkat kecamatan di Lombok Barat. Menurutnya hal ini sebagai bentuk keseriusan IPHI dalam menguatkan peran dan sumbangsihnya kepada masyarakat Lombok Barat. Hal tersebut disampaikan Bupati Fauzan dalam sambutannya di acara pelantikan Dewan pengurus Cabang IPHI se Kecamatan Lombok Barat di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Rabu, 05/01/22.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Dua Periode ini mengatakan peran IPHI di tingkat kecamatan sangatlah dibutuhkan. Terutama dalam hal bimbingan manasik haji bagi para Calon Jama’ah haji Lombok Barat. Dengan tersebarnya IPHI hingga ke kecamatan tentu akan mempermudah dan mendekatakan proses bimbingan manasik haji bagi CJH yang tersebar di semua kecamatan di Lombok Barat. Selain itu Bupati Fauzan berharap agar IPHI dapat berperan dalam pengembangan ekonomi masyarakat Lombok Barat. Dengan kepengurusan yang tersebar hingga ke kecamatan tentu akan memberikan peran yang lebih luas dan dekat dengan masyarakat dalam pengembangan keilmuan dan perekonomian masyarakat. “Kami berharap agar IPHI dapat berperan luas dalam membimbing CJH dan menggerakan ekonomi masyarakat di tingkat kecamatan” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPD IPHI Kabupaten Lombok Barat, DR Ahyar Fadli mengatakan bahwa pelantikan DPC IPHI Se Kecamatan di Lombok Barat ini menjadi awal yang baik dalam penguatan peran IPHI di Lombok Barat. Ia menargetkan kedepannya IPHI di tingkat ranting atau desa dapat segera terbentuk. Hal ini sesuai dengan anggaran dasar IPHI yang kepengurusannya hingga tingkat ranting. Menurutnya dengan dilantiknya pengurus DPC IPHI yang berjumlah kurang lebih seratus orang ini diharapkan peran IPHI dapat lebih maksimal di Lombok Barat. “IPHI ini merupakan wadah untuk silaturahmi dan pembinaan, kami berharap peran IPHI dapat lebih maksimal lagi bukan hanya sekedar pada jama’ah haji namun pada CHJ dan masyarakat. Saat ini IPHI di beberapa kecamatan sudah berjalan melalui beberapa forum majelis taklim yang dibentuk” ujarnya.

DR Ahyar mengatakan bahwa IPHI memiliki beberapa program kerja yang akan dilakukan kedepannya. Ia mengatakan bahwa IPHI memiliki rencana untuk membangun sekretariat IPHI. Selain itu IPHI juga berencana mendirikan klinik IPHI yang diharapkan dapat membantu masyarakat luas. Ia mengatakan bahwa IPHI memiliki cita cita untuk dapat berperan lebih luas di masyarakat dalam berbagai bidang seperti kesehatan dan perekonomian. Peran peran ini tentu harus sejalan dengan program pemerintah daerah dalam membangun Lombok Barat. “Kami berharap program kerja IPHI kedepan dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan target pembangunan daerah” ujarnya.

DR Ahyar Fadli yang dikenal ramah ini juga mengatakan bahwa IPHI nantinya akan membentuk koperasi syariah. Hal ini untuk menguatkan peran IPHI dalam membantu perekonomian masyarakat Lombok Barat. Ia mengatakan saat ini IPHI pusat telah memiliki koperasi syariah dan ia berharap agar koperasi syariah ini dapat terbentuk hingga di kecamatan. “Tentu program IPHI Pusat seperti koperasi syariah akan coba kita bangun hingga di kecamatan. Hal ini sebagai upaya kita dalam mengembangkan peran IPHI di bidang ekonomi” ujarnya.

__Posted on
January 6, 2022
__Categories
News