Ketum PP Ansor Gus Yaqut Cholil Coumas Buka PKL Angkatan III Gerakan Pemuda Ansor NTB

Lombok Tengah, – Ketua umum PP GP Ansor/Menteri Agama RI Gus Yaculd cholil Qaumas. buka secara virtual acara silaturrahmi akbar yang dirangkaikan dengan pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) angkatan III, Gerakan Pemuda Anshor NTB.

Pembukaan kegiatan dengan tema,”Satu Barisan Seribu Rintangan Patah Semua”.bertempat Aula Kantor Kemenag Loteng, NTB, Sabtu (26/3/2022).

Dalam sambutan Ketua umum PP GP Ansor yang juga menjabat sebagai Menteri Agama RI Gus Yaculd cholil Qoumas, mengatakan bahwa dengan silaturahim yang digelar saat ini untuk mengingatkan kader ansor bahwa sebagai kader terus berjuang untuk meningkatkan kapasitas diri masing-masing agar lebih bermakna ditengah masyarkat.

“PKL harus dilakukan dalam meningkatkan kapasitas para kader, dimana kader anshor harus berbeda dengan pemuda yang lain, ” ungkapnya.

Selain itu Ketum Ansor juga menekankan kepada kader di NTB untuk terus berkontribusi kepada daerah. Dimana apa yang diagendakan di daerah tidak hanya isu keagamaan namun harus diimbangi dengan kepedulian sosial ekonomi.

“Kader ansor memiliki dimensi ganda yakni keagamaan dan sosial ekonomi. Karena ini sangat penting dimana ada gejala kehadiran anshor kuat maka identitas diperalat atau digalang untuk menjadi dukungan politik namun apabila kader ansor yang lemah yang tidak memiliki daerahnya sangat diperhatikan,” ujarnya.

“Gejala ini bisa dituntaskan jika kapasitas benar-benar mampu ditempa dalam latihan yang kita lakukan,” ingatnya.

Disebutkannya bahwa tantangan mencintai negara ini sangatlah kuat dan harus terus di pupuk rasa cinta terhadap NKRI.

“Sebagai kader ansor dalam pelatihan mengarah satu hal yakni mengarahkan untuk mampu dan mau melaksanakan apa saja Yang ada manfaatnya untuk jam’iyah dan NKRI,” terangnya.

Selain dihadiri oleh sekitar ratusan lebih pemuda ansor kegiatan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat mulai dari, Kepala Kantor Kemenag Loteng/Ketua DPW Anshor NTB H. Zamroni Azis, SHI, MHI.,Kepala BINDA NTB Bpk. Wara Winahya, S.Sos., M.Si. Bupati Loteng HL. Pathul Bahri, S.IP. Kasi Teritorial Kasrem 162/WB Letkol Czi I Gusti Putu Dwika, Kapolres Loteng AKBP Heri Indra Cahyana, SH, SIK, MH. Wakil Ketua PW NU NTB Prof Dr. Saleh Ending. Pasi Intel Kodim 1620/Loteng 13. Kapten Inf Wage Rudolf Supratman, Pimpinan Ponpes YANMU NW Praya Dr. TGH. Zainal Arifin Munir, LC. Pimpinan Ponpes Qomarul Huda Bagu TGH. Lalu Turmuzi Badarudin serta tamu lainnya baik dari kalangan TNI Polri dan Sipil.

Sementara itu dalam sambutan Ketua PW GP Anshor NTB H. Zamroni Azis, mengatakan bahwa Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) angkatan III, Gerakan Pemuda Ansor NTB digelar di Qomarul Huda Bagu yang dimaksud untuk mencari keberkahan dimana pengurus Ansor banyak menjadi pejabat semata-mata keberkahan dari NU dan Ashor.

“Bupati sekarang ini menjadi dua periode semua tergantung dari NU dan Anshor.,” ucapnya sambil berseloroh.

Selain itu Zamroni juga menyebutkan bahwa hari ini menjadi kebanggan semua pengurus Ansor NTB karena disapa oleh Ketua Umum Ansor yang menjadi pimpinan ummat di negeri ini.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Loteng HL. Pathul Bahri, S.IP; mengatakan bahwa kita sudah bertekad untuk menjaga ulama dengan banser dan ansornya.

“Cina hari ini menjadi negara yang luar biasa besarnya dan Indonesia lima tahun Yang akan datang akan terjadi 5 tahun arus demografi untuk itu harus disiapkan generasi mudanya dan ini tugas anshor yang memiliki cara pandang yang berbeda,” ucapnya.

Selain itu Pathul juga merasa sangat bangga selama ini menjadi Bupati tidak pernah di demo oleh Anshor, PPNU, IBNU sebab mereka tahu etika dan beradab namun jika ada yang demo maka akan saya laporkan kepada para Kyai dan Tuan Guru.

__Posted on
March 26, 2022
__Categories
News