Dalam Rangka Meningkatkan Kesiapan Prajurit, Kodim 1620/Lombok Tengah Gelar Kegiatan Binsiap Apwil Dan Puanter

Lombok Tengah – Kodim 1620/Lombok Tengah melaksanakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Ta. 2022 di Aula Makodim Jl. Gajahmada Kecamatan Praya, Senin 28 Maret 2022.

Sosialisasi Binsiap Apwil dan Puanter Kodim 1620/Loteng dikuti oleh para Perwira Staf, Danramil, serta Babinsa jajaran Kodim. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka Dandim1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., yang didampingi oleh Pabanda Puanter Dam IX/UDY, Mayor Inf. I Ketut Sukadana.

Dalam sambutannya, Dandim menjelaskan pelaksanaan kegiatan Binsiap Apwil dan Kemampuan Teritorial Kodim 1620/Lombok Tengah Ta. 2022, dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit, dan kesiapannya melakukan pembinaan, pemberdayaan wilayah pertahanan darat di wilayah teritorial.

Ia menjelaskan sasaran penyelengaraan Binsiap Apwil dan Puater Kodim Loteng agar kemampuan seluruh anggota bisa lebih meningkat, lebih optimal, serta mampu menjabarkan Binter di wilayah, sehingga terwujud prajurit yang profesional, memiliki mental, disiplin, serta semangat yang tangguh.

“Kegiatan ini dilaksankan dengan tujuan agar seluruh prajurit Kodim selaku Apkowil dapat menguasai pengetahuan yang terkandung dalam materi Binsiap Apwil dan Puanter serta memiliki kesamaan langkah maupun tindakan dalam menjalankan tugas Binter, baik tingkat perorangan maupun tingkat satuan,” Ujarnya.

Lebih lanjut, Dandim menyampaikan beberapa arahan tentang pentingnya sosialisasi ini agar nantinya anggota teritorial bisa lebih memahami tugas dan tanggung jawabnya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikan tugas dilapangan.

“Pengabdian kepada Bangsa dan Negara melalui tugas Binter demi terpeliharanya kemanunggalan TNI-Rakyat, saya berharap seluruh prajurit Kodim bersinergi dengan komponen masyarakat, guna mendukung pelaksanaan tugas di wilayah,” Ucapnya.

Selaku Aparat Komando Kewilayahan khususnya Babinsa yang merupakan garda terdepan TNI- AD dalam tugas kewilayahan, wajib memiliki kemampuan teritorial dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.

Beberapa materi pada pelaksanaan kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter Kodim 1620/Loteng Ta. 2022 kali ini diantaranya, Metode Binter oleh Pabanda Puanter Dam IX/UDY, Mayor Inf. I Ketut Sukadana, Sikap Teritorial oleh Perwira Seksi Teritorial, Kapten Inf. A.A Gede Rai Budiana, Lima Kemampuan Teritorial oleh Danramil 1620-01/Praya, Kapten Inf. Lukman.

__Posted on
March 28, 2022
__Categories
News