Paket Wisata Baru “Southern Gate”, Wisatawan Nikmati Keliling Gili-Gili di Sekotong Naik Kapal Pesiar

Lombok Barat- Paket wisata baru ditawarkan oleh para pelaku wisata di Kawasan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Pelaku wisata menyiapkan paket wisata keliling Gili-gili di Kawasan selatan Lobar itu menggunakan kapal pinishi atau kapal pesiar. Wisatawan pun begitu menikmati sensasi keliling Gili dengan pemandangan indahnya gamparan laut dan gili-gili yang ada ada daerah itu.

Uji coba eksplore perjalanan wisata baru kawasan Gili-gili Minggu (13/9) menggunakan kapal pinishi KLM (Kapal Layar Motor) Sehat Elona. Kapal berukuran GT 175, dengan panjang 33 meter, dilengkapi empat double dan empat Kabin single. Selama berada di kapal berkapasitas 35 orang itu, para wisatawan asing sangat menikmati keindahan pemandangan laut selatan itu. Tampak dari kejauhan, deretan gili Kedis, Gili Nanggu, Gili Gede, Gili Layar dan Gili Asahan. Dengan kecepatan 4-5 Knot, waktu yang diperlukan keliling Gili hanya satu setengah jam. Pelaku wisata sekaligus Anggota DPRD Lobar H Abu Bakar Abdullah menerangkan wisata baru keliling Gili menggunakan kapal pinishi ini merupakan paket baru. “Ini paket baru yang kami tawarkan untuk wisatawan,”kata dia. Paket wisata baru ini juga sebagai upaya untuk mempromosikan Sekotong sebagai Southern Gate (pintu gerbang masuk jalur laut) untuk membangun poros baru moda transportasi laut di kawasan wisata Sekotong menuju KEK Mandalika.

Menurut anggota DPRD Dapil Sekotong-Lembar itu, menambahkan paket wisata ini juga menjadi upaya mempromosikan dan menjual wisata di kawasan Gili-gili sekotong. Dengan menggunakan kapal pinishi ini, wisatawan diajak keliling pulau. Paket wisata ini akan dibuka bagi wisatawan. “Kami memulai di dari kawasan Sekotong Saya mengajak wisatawan untuk menikmati sensasi wisata menggunakan kapal pinishi,”ujarnya. Menurutnya, Sekotong sangat potensi dikembangkan sebagai poros baru wisata jalur laut yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Paket wisata ini sendiri, pelaku wisata berkolaborasi dengan pelaku usaha di wilayahnya setempat.

Wisatawan asing, bernama Laisa dari Australia mengakui sangat senang dan menikmati perjalanan wisata keliling Gili menggunakan kapal pinishi. “Sangat senang sekali, tumben merasakan sensasi dan ini pengalaman luar biasa,”tutur dia. Sementara itu, Danan selaku Cruise Director kapal Sehat Elona, mengatakan rute daily trip menggunakan kapal pinishi ini baru uji coba berlayar. Biasanya rute kapal, berangkat dari Tanjung Kelor. “Ini (daily trip) uji coba pertama, keliling Gili (Gili Gede-Asahan) Sekotong,”jelas dia. Untuk uji coba kali ini, menjajal Gili Gede dan Gili Asahan. Dijelaskan untuk paket wisata daily trip yang dinamakan “secret gilies fun cruise” titik start dari Tanjung Kelor. Disana penumpang dinaikkan dengan kapasitas untuk daily trip 35 orang. “Kita start dari Tanjung Kelor menuju Gili Asahan, kemudian mengitari Gili-gili sekitar sini, seperti Gili Kedis, nunggu, Gili gede Gili Layar,”jelas dia.

Disiapkan juga paket makan siang di tengah pantai. Setelah makan, para tamu bisa melakukan aktivitas seperti berenang, snorkeling. Setelah itu barulah Tami diantar ke tanjung Kelor. Selain daily trip, ia juga menyiapkan paket trip yang jauh ke Gili Trawangan. Berangkat dari Tanjung Kelor, ke Gili Asahan. Tamu menginap di sana, kemudian ke Gili Trawangan dan kembali lagi ke Tanjung Kelor. Kalau trip keluar pulau Lombok, diantaranya ke pulau Sumbawa, menuju Satonda, ke pulau Moyo. Dan paling jauh hingga ke pulau komodo.

Untuk reservasi trip yang panjang atau jauh, belum dikalkulasi karena baru dimulai. “Yang baru kita tawarkan adalah daily trip ini, ini untuk kita angkat Pariwisata Lombok, khususnya Sekotong,”kata dia. Karena Sekotong jelas dia, potensinya luar biasa. Pulau-pulaunya indah, pantainya bersih, pasir putih. Itu menjadi daya tarik wisatawan lokal, maupun mancanegara.(ZK)

__Posted on
September 13, 2022
__Categories
News