FDIK UIN Mataram Petakan Potensi, Perkuat Jaringan Alumni Bersama Lembaga Mitra

Mataram – Awal tahun 2024 mendatang merupakan Pesta demokrasi, merupakan bagian dari hajatan besar segenap elemen bangsa, yang kini mulai menghangat. Hal ini ditandai dengan dimulainya perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan sejak bulan Juni lalu. Sementara bulan Oktober 2022 ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai tingkat pusat hingga daerah melaksanakan Pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Menyongsong perhelatan tersebut, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram (7/10) melaksanakan temu alumni dan lembaga mitra terkait.

Lembaga mitra yang hadir berasal dari perwakilan Media Massa dan Penyiaran, Lembaga yang bergerak dalam bidang pekerja sosial, lembaga perlindungan anak dan perempuan, biro travel haji dan umroh serta stakeholder terkait yang merupakan representasi dari Program studi (Prodi) yang berada di bawah FDIK, yaitu prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI) dan prodi Manajemen Dakwah (MD).

Kegiatan ini berlangsung semarak, karena narasumber yang hadir berasal dari unsur penyelenggara pemilu dan anggota legislatif yang merupakan bagian dari alumni IAIN/UIN Mataram. Ahyar Rosidi, S.Sos.I merupakan alumni prodi KPI FDIK UIN, saat ini menjadi anggota DPRD kabupaten Lombok Barat. Sementara ketua KPU Lombok Barat, Bambang Karyono, S,Pd.I, MH., menyampaikan berbagai tantangan alumni berupa kompetisi di berbagai bidang harus dibekali dengan kompetensi agar bisa menciptakan alumni yang unggul dan tangguh, terutama menjelang perhelatan pemilu tahun 2024 mendatang.

Selain itu Ahyar Rosidi menegaskan jika keberadaan alumni FDIK harus memberikan kontribusi yang terbaik dalam bidang profesi yabg beragam, agar sumbangsih nya mampu memberikan manfaat bagi sesama dimanapun berada.

Dalam sesi diskusi, Sejumlah alumni dan lembaga mitra menyampaikan berbagai pandangannya, agar kerjasama yang terjalin mampu saling menguatkan simpul-simpul jaringan yang telah ada serta memberikan kontribusi yang kolaboratif kedepannya.

Hal ini sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu “Penguatan Kapasitas dan Jaringan Alumni menuju FDIK Unggul”.

Dalam sambutannya ketua panitia sekaligus Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan , Dr. TGH. Ahmad Lalu Zainuri,Lc, MA., menyatakan tema tersebut merupakan ikhtiar bersama dalam memetakan potensi seluruh alumni dengan ragam profesinya tersebar di seluruh Nusantara, agar kedepannya mampu memberikan kontribusi nyata bagi Fakultasnya, lebih lebih lagi bagi UIN Mataram.

Dekan FDIK UIN Mataram, Dr. Muhammad Saleh, MA., Didaulat untuk membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya mengharapkan agar seluruh alumni berusaha meningkatkan skill, karena tantangan alumni FDIK semakin kompleks.

“Namun tentu kita harus saling menguatkan dengan terus memupuk kerjasama dengan lembaga mitra serta seluruh stakeholder yang ada agar tetap kompetitif dengan dinamika yang ada”, pungkasnya.

__Posted on
October 8, 2022
__Categories
News