Siapkan KTT ASEAN 2023, Sejumlah Menteri tinjau Kawasan Mice di Golo Mori,Manggarai Barat, NTT

LOMBOK INSIDER – Dalam rangka kesiapan menyambut Konferensi Tingkat Tinggi
(KTT) ASEAN 2023, sejumlah Menteri meninjau Kawasan Mice di Golo Mori, Manggarai Barat, NTT, pada hari Jumat, 27 Januari 2023 kemarin.

Menteri yang hadir meninjau Kawasan Mice di Golo Mori tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Negara Pratikno, Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Turut hadir dalam kunjungan para menteri tersebut antara lain Konseptor Acara KTT ASEAN 2023 Wishnutama Kusubandio, Kapolda NTT Johni Asadoma dan Bupati Manggarai Barat Edistasius
Endi.

Kawasan Mice di Golo Mori, Manggarai Barat, NTT ini tengah dikembangkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia.

Menjadi sebuah kawasan berstandar internasional untuk menjamu berbagai pertemuan tingkat kepala negara
dunia.

Kawasan Mice di Golo Mori yang dilengkapi dengan beach club, observation deck, dan dermaga kayu
ini direncanakan Pemerintah menjadi salah satu venue rangkaian kegiatan KTT ASEAN 2023.

Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan, “Kami menyambut gembira kunjungan para Menteri ke lokasi proyek yang tengah kami kembangkan ini.

Kunjungan ini menunjukkan besarnya
perhatian dan dukungan Pemerintah kepada pembangunan fasilitas Kawasan Mice Golo Mori yang direncanakan menjadi salah satu venue KTT ASEAN 2023.

Saat ini progres pekerjaan konstruksi
fasilitas Mice berikut infrastruktur dasar kawasan mencapai rata-rata di atas 90. Kami optimistis seluruh pekerjaan dapat selesai sesuai target yaitu pada akhir Q1 2023.”

Hingga 17 Januari 2023, realisasi progres pembangunan masing-masing item pekerjaan adalah pembangunan infrastruktur jalan kawasan mencapai 92,54%, sementara pekerjaan Mice, Beach
Club, observation deck sebesar 89,19%.

Progres pekerjaan infrastruktur jalan kawasan meliputi pembangunan lajur jalan utama, bahu jalan, saluran drainase jalan, Penerangan Jalan Umum (PJU), landscape, marka jalan, rambu-rambu, dan Guardrail pada sisi jalan.

Sementara total progress pekerjaan konstruksi bangunan MICE meliputi Convention Hall, Public Entrance, Lobby VVIP, Lounge VVIP, Ruang Meeting VVIP dan Media Center, dan Observation Deck.

Dengan pengalaman pengembangan kawasan The Nusa Dua, yang sampai sekarang ini menjadi kawasan MICE terbaik di Indonesia dan telah menjadi lokasi berbagai pertemuan tingkat dunia.

“Kami optimistis dapat membangun Kawasan Mice Golo Mori dengan kualitas berstandar internasional,”ujar Ari.

“sehingga dapat menjamu event-event kelas dunia bahkan pertemuan tingkat kepala negara seperti KTT ke-42 ASEAN yang akan berlangsung pada Mei mendatang,” sambung Ari.

Pengembangan Kawasan Mice di Golo Mori NTT merupakan penugasan pemerintah ketiga bagi ITDC dalam pengembangan destinasi pariwisata di Indonesia, setelah kawasan The Nusa Dua
Bali dan The Mandalika NTB.

“Kami berkomitmen untuk menjalankan penugasan ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memenuhi apa yang menjadi target pemerintah,”ujar Ari.

Dengan dukungan dari pemegang saham, kementerian dan lembaga terkait, serta stakeholder lainnya.

Kami yakin pembangunan Kawasan Mice di Golo Mori akan berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

“Kami berharap kawasan ini sukses menjadi venue KTT ASEAN dan dapat menjadi ikon wisata unggulan baru di kawasan timur Indonesia,” tutup Ari.

__Posted on
January 29, 2023
__Categories
News