World Superbike (WSBK) 2023 Akan Diisi Balap Kejurnas Motor 250cc

Lombok Tengah – Empat tahun vakum, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor jenis Sportbike 250cc kembali siap dipentaskan di Sirkuit Pertamina Mandalika International Circuit, bersama dengan WSBK 2023 sebagai supporting race.

Seri perdana Kejurnas Sport di Mandalika Racing Series 2023 akan dipentaskan sebagai supporting race Kejuaraan Dunia Superbike atau WorldSBK pada 3-5 Maret mendatang.

Atas gagasan bersama Priandhi Satria selaku management Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) serta PRIDE Club dan Astha, maka lahirlah Mandalika Racing Series.

Nantinya titel ini akan memayungi berbagai aktivitas motorsport dari mulai balap motor termasuk drag bike, endurance dan yang lainnya hingga tidak menutut kemungkinan roda-4.

Sebagai event perdana, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor Sportbike akan dipentaskan bersamaan dengan seri WorldSBK (WSBK) 3-5 Maret 2023 untuk menjadi supporting race.

Seri perdana ini, baru akan digelar kelas 250cc, mengingat slot waktu yang diberikan Dorna menyesuaikan dengan slot di ATC sebelumnya.

Diketahui bahwa, kejuaraan Asia Talent Cup (IATC) yang biasa disandingkan dengan WSBK tidak digelar di Mandalika tahun 2023 ini.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Mandalika Grand Frix Association (MGPA) Priandhi Satria, melalui pesan WhatsApp, Sabtu (4/2/2023),

bahwa pihak Dorna mentiadakan IATC tahun 2023 di Mandalika sebagai sandingan WSBK 2023 Indonesia.

Mendapat informasi dari pihak WorldSBK (Dorna), bahwa tidak akan ada Asia Talent Cup (IATC), Priandhi Satria bertemu Eddy Saputra.

Dalam pertemuan itu muncul ide untuk membuat balapan sebagai gandengan WSBK 2023 di Sirkuit Mandalika, lalau munculah Sportbike 250cc ini.

“saya bertemu dengan Pak Eddy Saputra dan muncul ide keren kalau bikin Kejurnas di dalam WorldSBK. Kami dari MGPA tentu menyambut dengan sangat baik adanya Mandalika Racing Series,” kata Priandhi.

Priandhi merasa hal ini merupakan sebuah kesempatan untuk membesarkan Pembalap Indonesia dan bisa tampil saat WSBK 2023 ini.

“kita ingin aktif berperan membesarkan pembalap Indonesia untuk dapat berlomba di Pertamina Mandalika International Circui,” tambahnya.

“Semoga program yang digagas dalam kurun waktu dua bulan ini bisa terlaksana dengan didukung semua pihak, sponsor, APM dan media,” sebutnya.

Diketahui bahwa Peluncuran Mandalika Racing Series 2023 ini telah dilaksanakan di Ohlins Indonesia, Rabu (1/2/2023) lalu.

Acara itu turut dihadiri berbagai kalangan dari APM, tim balap, sponsor balapan dan pengurus IMI.

“saya merasa ini adalah sebuah kesempatan bagi Indonesia untuk mencari bibit pembalap yang dapat dipromosikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti Moto2,Moto3, WSBK bahakan MotoGP,” pungkanlsnya.

__Posted on
February 12, 2023
__Categories
News