WSBK Indonesian Round 2023 Selesai Digelar, Penonton WSBK 2023 Capai 59.251 Orang

Lombok Tengah – MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK atau WorldSBK) Indonesian Round 2023 selesai digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 3-5 Maret 2023. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perusahaan pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia member InJourney Group, bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), sangat bergembira tiga hari penyelenggaraan WSBK Indonesian Round tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman, tanpa gangguan yang berarti.

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengatakan, “WSBK Indonesian Round yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit 3-5 Maret 2023 telah berjalan dengan lancar, baik dari segi race maupun non race. ITDC dan MGPA telah melakukan persiapan dan koordinasi yang baik dengan seluruh stakeholders terkait selama masa persiapan maupun pelaksanaan balapan untuk semua aspek event. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan semua pihak yaitu pemerintah pusat dan daerah, pemegang saham, BUMN, para sponsor, media serta seluruh masyarakat, sehingga event WSBK yang digelar ketiga kali di kawasan The Mandalika ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar.”

Dari segi race, balapan berjalan tepat waktu dan seru di bawah cuaca yang cerah. Persaingan antar pembalap dalam menjadi yang tercepat di The Mandalika sejak Jumat, 3 Maret 2023 berjalan cukup ketat dan kompetitif. Juara bertahan WSBK, pembalap Aruba.it Racing – Ducati Alvaro Bautista, berhasil mencatatkan kemenangan beruntun di dua race di ajang WSBK Mandalika 2023.   

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menambahkan “WSBK Indonesian Round 2023 diselenggarakan berjarak empat bulan dari race sebelumnya pada November 2022. Hal ini merupakan tantangan bagi kami, namun dengan persiapan yang matang kami berhasil menyelenggarakan event ini dengan baik bahkan jumlah audiens yang hadir di Sirkuit dalam tiga hari ini mencapai 59.251 penonton.”

Jumlah audiens tersebut merupakan peningkatan sekitar 14,76% dari audiens atau total penonton pada tahun 2022 sebanyak 51.629 orang.

Mandalika Racing Series 250cc juga dihadirkan sebagai supporting class pada event WSBK Mandalika 2023 kali ini. Mandalika Racing Series adalah event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap motor sportbike untuk kelas 150cc, 250cc dan 600cc yang hadir kembali setelah vakum selama hampir 4 tahun. Keluar sebagai yang tercepat di Mandalika Racing Series kali ini adalah Rheza Danica Ahrenz pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT).

Event WSBK 2023 juga melibatkan banyak talenta lokal baik sebagai volunter, pengisi acara, maupun UMKM yang berjualan selama event berlangsung. Total ada sebanyak 1.621 volunteer  asal NTB yang membantu peyelenggaraan WSBK Mandalika 2023.

Selain itu, tahun ini WSBK 2023 juga sarat mengangkat sisi budaya lokal NTB. Berkolaborasi dengan Mandalika GP Series dan Pemerintah Provinsi NTB, ITDC – MGPA juga kembali menggelar Lombok Sumbawa Fair (LSF) sebagai side event WSBK 2023 di The Mandalika, yang menghadirkan bazaar UMKM, pertunjukan budaya tradisional, dan konser musik. Budaya lokal NTB berupa pagelaran budaya Inen Gumi juga hadir pada upacara pembukaan di Starting Grid Pertamina Mandalika Circuit menjelang balapan puncak hari ini. Inen Gumi menampilkan tarian Gendang Beleq, Paresean, Penyembeq, dan Cilinaya, yang melibatkan 300 orang terdiri dari 250 penari serta pelatih dan kru. Sementara pada paddock show yang biasanya hanya diisi dengan penyerahan trophy pemenang, tahun ini juga diisi dengan pertunjukan tarian lokal NTB dan DJ Diskopantera. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah juga menggelar Karnaval Budaya Mandalika satu hari sebelumnya untuk menyambut gelaran WSBK 2023. Karnaval ini melibatkan masyarakat dan siswa-siswi SMA/SMK ragam budaya Pulau Lombok. 

Menutup WSBK 2023 pada hari ini, LSF menghadirkan penampilan band rock Jamrud, Wet Band, Abhy Summer, The Datu daTanaman Kaktus.

“Penyelenggaraan event WSBK Mandalika kali ini juga kembali mengangkat sisi budaya lokal NTB yang terbukti menjadi nilai lebih dari balapan di Mandalika. Pihak Dorna, Pembalap dan Tim Balap serta peliput dari luar negeri sangat tertarik dan antusias dengan budaya yang kembali kita bawa ke event balapan ini.  Koordinasi yang baik antar semua pihak telah membuat penampilan budaya lokal NTB di event internasional ini berjalan dengan baik dan indah,” tutup Priandhi Satria.

__Posted on
March 6, 2023
__Categories
News