Secara Virtual Presiden RI Memimpin Penanaman Mangrove Serentak Seluruh Jajaran TNI

Lombok Tengah – Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo memimpin secara virtual Penanaman satu juta pohon mangrove serentak di jajaran TNI seluruh Indonesia bersama instansi terkait guna mencegah Intrusi air laut di daerah pesisir pantai.

Penanaman tersebut melibatkan seluruh unsur TNI, Polri dan dinas Lingkungan Hidup serta instansi terkait seluruh Indonesia yang bertemakan “Mangrove For Batter Life”.

Hal itu diungkapkan Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara usai menggelar acara penanaman mangrove serentak yang dipimpin presiden RI secara virtual di dusun grupuk Desa Sengkol Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah NTB, Senin (15/5).

“Khusus di dusun grupuk sendiri Kodim 1620/Loteng menanam sebanyak 1000 bibit pohon Mangrove jenis Rhizopora dengan melibatkan 200 personel baik TNI, Polri, Dinas Lingkungan hidup dan ITDC, Kejari Praya serta Pengadilan Negeri praya maupun masyarakat setempat” ujar Dandim.

Menurutnya, penanaman mangrove yang dilakukan merupakan penanaman sekala nasional secara serentak dengan satu kode yang dilakukkan oleh seluruh jajaran TNI AD melalui Korem dan Kodim Kodim seluruh Indonesia.

“Dengan tujuan sebagai wujud kepedulian kami TNI untuk turut menjaga dan melindungi pantai dari hempasan ombak secara langsung dan keberlangsungan ekosistem laut khususnya yang ada di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Kuta Mandalika,” kata Dandim.

Selain itu, mangrove juga merupakan Tanaman bakau yang mudah tumbuh di tepi pantai yang dapat melindungi dataran maupun pantai. Sehingga ombak tidak langsung menerjang dataran yang akan menyebabkan erosi dan longsor, serta terlindungi oleh tanaman bakau.

“Karena dengan adanya tanaman mangrove intrusi air laut dapat teratasi karena hal tersebut adalah masalah serius bagi penduduk di dataran maupun kawasan pantai” jelasnya.

“Dengan harapan semoga penanaman kali ini bisa memberikan dampak yang besar bagi kehidupan kita maupun ekosistem laut dan dapat merangsang tumbuhnya mangrove mangrove muda sebagai pelindung pantai,” tandasnya.

__Posted on
May 15, 2023
__Categories
News