Semarak HUT RSUD Praya, Puskemas Puyung dan RSI Yatofa Final di CL-MEC

Lombok Tengah – Dalam rangka semarak hari ulang tahun Rumah Sakit Umum Daerah Praya Kabupaten Lombok Tengah, berbagai kegiatan lomba digelar jajaran menajemen Rumah Sakit Umum Daerah Praya. Salah satu kegiatan lomba yang paling menarik untuk diikuti adalah lomba CL-MEC. Central Lombok Medical Emergency Competittion (CL-MEC) adalah lomba kemampuan tim medis untuk menangani kasus kegawatdaruratan di masing masing tempat kerjanya.

Untuk Lomba ini, sejumlah Puskesmas, Klinik Rumah Sakit pemerintah dan swasta ikut bertarung memperebutkan yang terbaik dalam hal pelayanan publik. Mereka menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam melayani kasus emergency seperti serangan jantung dan kegawatdaruratan lainnya. Karena itu Tim Dewan Jurinya adalah seluruh Dokter Spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah Praya.

Ketua Panitia kegiatan semarak HUT RSUD Praya H.L.Erfan mengatakan kegiatan Lomba CL – MEC ini dilakukan untuk mengetahui dan menguji kemampuan individu dan tim dalam menangani pasien kegawatdaruratan. Kegiatan lomba ini diikuti oleh sejumlah Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit Umum pemerintah dan Rumah Sakit swasta yang ada di Kabupaten Lombok Tengah. “Semua rumah sakit swasta, klinik dan puskesmas ikut bertarung sementara Rumah Sakit Umum Daerah Praya tidak ikut karena kita panitia” ujarnya.

Untuk Lomba CL-MEC sendiri, Rumah Sakit Yatofa dan Puskesmas Puyung masuk final untuk memperebutkan juara 1 dan 2 sementara juara Tiga dan Empat adalah RS Mandalika dan Klinik Harapan Kita.

L.M.Satrial Iip Atma Praja SpJP. selaku dewan juri mengatakan kegiatan Lomba ini tidak hanya semata-mata untuk melihat sejauh mana kemampuan peserta dalam menangani kasus kegawatdaruratan saja akan tetapi juga sebagai ajang menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi petugas kesehatan baik yang ada di Rumah Sakit maupun di Puskesmas dan tempat layanan kesehatan lainnya. “Dengan kegiatan ini kita banyak belajar dan juga sebagai wahana silaturahmi antara petugas kesehatan” ujarnya.

Sementara itu Direktur RSUD Praya dr. Mamang Bagiansyah, mengatakan kegiatan semarak HUT RSUD Praya ke 64 kali ini disemarakkan oleh berbagai kegiatan lomba baik kegiatan lomba CL-MEC maupun lomba pelayanan kesehatan bagi seluruh unit pelayanan kesehatan seperti ruang rawat inap, antar ruang poliklinik termasuk juga antar instalasi. Jadi intinya kata Mamang lomba ini hanya menampilkan kebersihan dan keindahan interior dan ekterior ruangan perawatan saja “Yang dinilai di Desain dekorasi hanya keindahan dan kebersihan serta kesemarakan saja, tidak juga menilai individu petugas kesehatannya” ungkapnya.

Sedangkan untuk petugas kesehatan di unit atau ruang kata Mamang akan dinilai khusus oleh panitia dan kepala ruangan berdasarkan rekam jejak petugas kesehatan itu sendiri Dalam hal penilaian lomba Five Star Employee Of The Year (Staf Pelaksana Bintang Lima Tahun Ini) pesertanya merupakan perwakilan dari masing masing untuk pelayanan kesehatan di RSUD Praya. Mereka kemudian akan menjalani serangkaian seleksi seperti wawancara dan kemampuan individu berdasarkan rekam jejaknya selama ini. “Untuk juara satu akan diganjar dengan Umroh bagi peserta Muslim dan uang setara biaya umroh bagi yang non muslim” jelasnya.

Saat ini kata Mamang, rangkaian lomba masih berlangsung dan di puncak acaranya nanti akan ada jalan sehat dan peresmian atau grand opening unit baru seperti Cuci Darah, Endoskopi ( teropong saluran cerna), Unit Stroke dan Ruang Infeksi Paru yang akan dilakukan oleh Bupati Lombok Tengah pada hari Minggu mendatang.

__Posted on
August 16, 2023
__Categories
News