Indonesian GP 2023: Jorge Martin Juara Sprint Race, Persaingan di Klasemen Pembalap Kian Panas

Lombok Tengah – Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) memasuki hari kedua (14/10). Berbagai kejutan hadir mulai dari sesi kualifikasi hingga Tissot Sprint (sprint race) di kelas MotoGP.

Riders MotoGP asal Spanyol dari tim Prima Pramac Racing, Jorge Martin, berhasil mendapatkan podium pertama dengan catatan waktu 19 menit 49,711 detik. Martin yang memulai start di posisi enam tampil percaya diri sejak awal race dan konsisten sejak merebut posisi satu di lintasan. Berada di podium kedua, pembalap Italia dari Mooney VR46 Racing Team, Luca Marini, dengan selisih 1,131 detik dari martin. Adapun adik dari legenda MotoGP sekaligus juara dunia 9 kali, Valentino Rossi, itu mengawali race dari pole position.

Rider senegara dan satu tim Marini, Marco Bezzecchi, mengamankan podium ketiga dengan selisih waktu 2,081 detik. Mengawali sprint race dari posisi sembilan, Bezzecchi yang masih mengalami cedera di bahu tampil impresif dan berhasil menyalip pembalap Spanyol dari tim Aprilia Racing, Maverick Vinales, di lap terakhir.

Sementara itu, nasib sial menimpa rider Spanyol dari Repsol Honda Team, Marc Marquez, yang gagal finish setelah terjatuh di tikungan ke-11. Insiden juga terjadi pada rider Spanyol dari Aprilia Racing, Aleix Espargaro, dan rider Afrika Selatan dari Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder. Keduanya bersinggungan di lintasan pada lap ke-6 sehingga Espargaro tak mampu menyelesaikan balapan. Adapun Binder masih mampu finish dengan selisih waktu 43,090 detik.

Dengan hasil sprint race ini, Martin yang sebelumnya berada di posisi kedua klasemen sementara pembalap MotoGP musim ini, kini memimpin dengan 328 poin, menggeser rider dari Ducati Lenovo Team sekaligus juara dunia MotoGP 2023, Francesco Bagnaia. Pada sprint race, pembalap asal Italia tersebut hanya mampu finish di posisi enam dengan akumulasi poin 321. Sementara Itu, Bezzecchi memantapkan posisinya di peringkat ketiga dengan 272 poin.

Adapun pabrikan asal italia, Ducati, sukses mengamankan mahkota juara konstruktor untuk keempat kalinya secara berturut-turut usai sprint race di Sirkuit Mandalika.

Pada race besok (15/10), urutan start akan sesuai dengan hasil sesi kualifikasi 2 (Q2) atau sama dengan starting grid saat sprint race. Marini akan berada di pole position disusul Vinales dan Aleix Espargaro di posisi dua dan ketiga.

Pada Q2 kelas Moto2, rider Spanyol dari tim Pons Wegow Los40, Aron Canet, tampil dominan sejak sesi latihan dan berhasil mengamankan pole position untuk race besok dengan catatan waktu 1 menit 34,255 detik. Membuntuti Canet juga pembalap Spanyol dari Correos Prepago Yamaha VR46 Master Camp Team, Manuel Gonzales, dengan waktu 1 menit 34,158 detik. Posisi start ketiga akan ditempati pembalap asal Ceko dari QJMotor Gresini, Filip Salac, dengan catatan waktu 1 menit 34,174 detik.

Pada kelas Moto3, rider asal Brasil dari tim MT Helmets, Diogo Moreira, berhasil meraih pole position untuk race besok setelah mencatatkan waktu tercepat pada Q2 dengan waktu 1 menit 39,085 detik. Pembalap Spanyol dari tim Leopard Racing Jaume Masia akan start dari posisi kedua setelah mencatatkan waktu 1 menit 39,125 detik pada Q2. Posisi start ketiga akan diisi oleh rider asal Kolombia dari GASGAS Aspar Team yang mampu mencatat waktu 1 menit 39,310 detik

Sementara itu, pembalap tuan rumah dari Honda Team Asia, Arbi Aditama, akan start pada grid 5 pada posisi ke-15. Sebelumnya, Arbi tampil sensasional dengan lolos langsung ke Q2 setelah berada pada posisi 14 di sesi latihan 3.

Selain menampilkan aksi para riders di kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3, Indonesian GP 2023 juga menghadirkan Idemitsu Asia Talent Cup yang melaksanakan race 1 di hari kedua. Pembalap tuan rumah Veda Ega Pratama berhasil menjadi yang tercepat setelah sehari sebelumnya tampil dominan pada sesi latihan bebas (free practice) 1 dan 2.

Hari terakhir Indonesian GP 2023 (15/10) akan dimulai dengan race Idemitsu Asia Talent Cup dan disusul oleh pemanasan kelas MotoGP. Para riders MotoGP pun akan melakukan Rider Fan Parade untuk menyapa para penggemar sebelum bertanding.

Selanjutnya, akan berlangsung race kelas Moto3 pada pukul 12.00 WITA dan diikuti oleh race kelas Moto2 pada pukul 13.15 WITA. Adapun, kelas MotoGP akan memulai race pada pukul 15.00 WITA.

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria menuturkan hari kedua Indonesian GP 2023 di Sirkuit Mandalika berjalan dengan sangat lancar. Seluruh aspek terkait balapan mampu menghadirkan tontonan menarik mulai dari kualifikasi hingga sprint race.

Priandhi mengatakan sejumlah riders mengaku puas dengan lintasan Sirkuit Mandalika dan kualitasnya meningkat dibandingkan dengan event yang sama tahun lalu.

“Setidaknya 3 pembalap yang saya temui setelah sprint race semuanya menyatakan lintasan sangat bagus dan berbeda dengan tahun lalu. Mereka juga bilang beberapa insiden jatuhnya pembalap bukan disebabkan oleh lintasan sirkuit,” ujarnya.

Menurutnya, ajang sprint race pada hari kedua menjadi gambaran kualitas balapan di hari ketiga. Pasalnya, para pembalap di kelas paling bergengsi, MotoGP, telah memacu motornya habis-habisan dalam 13 laps dan semuanya berjalan berjalan dengan baik.

Senada, Presiden Direktur Dyandra & Co. Daswar Marpaung mengatakan seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar. Khusus untuk side event di luar race, pihak penyelenggara telah menyiapkan berbagai acara dan hiburan yang bisa diikuti oleh para penonton yang telah menyaksikan para idolanya berlaga.

“Berbagai side event sudah bisa dinikmati untuk semua penonton di seluruh kategori tiket. Jadi penonton bisa langsung menikmati panggung hiburan, berbagai booth UMKM, dan yang selalu ditunggu oleh para penggemar MotoGP adalah meet and greet dengan para pembalap kesayangannya. Ini kami realisasikan dengan adanya Fan Zone,” tuturnya.

Ada 4 empat zona side event yang dapat dinikmati, yakni Merdeka Zone di mana panggung hiburan Pertamina Energizing Stage pada hari Minggu akan menyajikan pertunjukan yang diisi oleh sejumlah musisi nasional Tanah air antara lain Dipha Barus, Amtenar, dan Hydro Koplo. Ada juga Pusaka Zone yang diisi oleh UMKM Lombok tengah dan NTB beserta para tenant lainnya.

Side event di MotoGP Indonesia hari ini menghadirkan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung. Melalui penampilan dari dua bintang tanah air, NTRL dan Melanie & PPK, di Pertamina Energizing Stage di Zona Merdeka yang berhasil memukau penonton dengan penampilan panggung yang energetik. Antusiasme pengunjung begitu luar biasa, terlihat dari kerumunan pengunjung yang memadati area Main Stage pada Zona Merdeka.

Zona berikutnya adalah Bhinneka Zone yang diisi oleh Biker’s Lot, ajang test ride, hingga area makan dan minum (food & beverages) bernama Fuel Up. Zona terakhir adalah Tropika Zone yang diisi oleh official merchandise store hingga para UMKM.

Di samping menampilkan ajang balapan roda dua, gelaran MotoGP seri Indonesia tahun ini juga menghadirkan aktivitas Hero Walk dimana penonton dengan kategori tiket VIP premiere serta VIP deluxe dapat bertemu langsung secara lebih dekat dengan para pembalap dari kelas Moto2, Moto3 ataupun MotoGP.

__Posted on
October 14, 2023
__Categories
News