MotoGP Mandalika 2023 Dongkrak Sektor Pariwisata Daerah

ombok Tengah – Keindahan alam yang tersaji lewat berbagai pantai yang elok, membuat Mandalika menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP). Keberadaan Pertamina Mandalika International Circuit di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan menjadi tempat diselenggarakannya ajang bergengsi MotoGP Indonesia menambah daya tarik bagi para wisatawan.

Dampaknya dapat dirasakan di berbagai sektor, salah satunya meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan NTB.

Pada konferensi pers di Media Center Indonesia Pertamina Mandalika International Circuit, Asisten 2 Setda Kabupaten Lombok Tengah, H. Lendek Jayadi menyampaikan bahwa saat ini ada ratusan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sudah berpartisipasi.

“UMKM kita di dalam sirkuit ada sekitar 20 UMKM. Di luar sirkuit, seperti di lokasi Bazaar Mandalika, ada 302 UMKM, yang selain menjual makanan, tetapi juga menjual berbagai kerajinan seperti anyaman ketak,” jelas Lendek.

Keberadaan ragam kuliner hingga kriya khas NTB, membuat pariwisata NTB, termasuk Lombok dan sekitarnya kian terkenal. Hal tersebut dijabarkan oleh Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam kesempatan yang sama.

Lombok menjadi destinasi wisata super prioritas yang luar biasa. Event MotoGP ini membuat ekonomi masyarakat meningkat, juga merupakan momentum keramahtamahan Indonesia dikenal dunia.

Lendek juga mengakui, “Para pembalap selain membeli produk UMKM, langsung diposting di media sosial mereka masing-masing dan viral.“

Destinasi wisata di daerah NTB pun telah siap. Lendek menambahkan, wisatawan baik lokal maupun mancanegara kini tidak hanya bisa menikmati suasana balapan, tetapi juga berbagai keindahan alam hingga makanan khas, termasuk tujuh desa wisata di lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dengan berbagai atraksi budaya.

Selain itu, para penonton MotoGP Mandalika 2023 juga dapat menikmati berbagai side event yang terbagi menjadi beberapa zona, seperti Zona Merdeka, Zona Bhinneka, Zona Tropika, dan Zona Pusaka.

“Ada 50 UMKM binaan di gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023. Sebanyak 42 UMKM produk makanan dan minuman, akan meramaikan area booth di Zona Bhinneka (Zona A), yang berdekatan dengan North Tunnel. Sementara, 8 UMKM lainnya akan berada di Zona B, yang menyediakan kerajinan dan cendera mata khas Lombok, bersama dengan UMKM dari penjuru Nusantara,” jelas Lendek.

__Posted on
October 14, 2023
__Categories
News