Jumlah Penonton MotoGP Mandalika 2023 Tembus Target

Lombok Tengah – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno pada konferensi pers di Media Center Indonesia Pertamina Mandalika International Circuit di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengumumkan jumlah penonton MotoGP Mandalika 2023 melampaui target yang sudah ditetapkan. Tahun ini, jumlah penonton mencapai 102.929 orang dari target 100.000 orang, meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 102.801 orang.

“Penyelenggaraan MotoGP Mandalika langsung berdampak kepada masyarakat lokal. Bukan hanya produk ekonomi kreatif tapi juga hotel-hotel semua terisi, homestay-homestay juga sangat menikmati lonjakan dari kunjungan. Sekarang Mandalika terbukti menjadi kawasan pariwisata terpadu yang berkelanjutan.” ujar Sandiaga.

Sandiaga juga menjelaskan bahwa Indonesia telah melakukan negosiasi dengan Dorna untuk menempatkan nation branding Wonderful Indonesia di sejumlah titik di Pertamina Mandalika International Circuit. Tentunya, penempatan nation branding tersebut dapat membuat Indonesia lebih dikenal dunia karena terdapat 119 media partner internasional yang menjangkau 200 negara dengan jumlah penonton hampir 500 juta. Di sisi lain, Sandiaga memprediksi perputaran ekonomi selama MotoGP 2023 mencapai Rp4,5 Triliun yang tentunya sangat berdampak baik terhadap pariwisata Indonesia.

“Event ini bukan sekedar event racing. Event ini sebenarnya adalah panggung di mana Indonesia harus diakui oleh dunia. Nation branding kita sudah bukan lagi sekedar kelas Asia atau dua benua tapi sudah hampir lebih dari 200 negara yang harus mengakui kita. Selayaknya bangsa yang besar, kita harus mampu mengangkat apa yang menjadi potensi di negara kita sendiri.” Terang Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Ari Respati.

Ari menambahkan bahwa salah satu hal yang sangat berbeda dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023 dibandingkan tahun lalu adalah dalam segi traffic. Pada tahun ini sudah dilakukan pelengkapan infrastruktur dasar. Pertama, terdapat penambahan jumlah panjang jalan dari 15 km menjadi 36 km hanya di dalam kawasan saja. Kemudian, terdapat penambahan jumlah kantong parkir roda dua dan empat yang naik sebanyak tujuh kali lipat, dari kapasitas 5.000 kendaraan menjadi 37.500 kendaraan.

Balapan seri kelas MotoGP menutup gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023. Sore tadi (15/10), telah dilakukan pemberian trofi kepada para pemenang MotoGP Mandalika 2023. Juara pertama diberikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir dan juara kedua diberikan oleh Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno. Tidak hanya itu, Menparekraf juga memberikan produk ekonomi kreatif persembahan dari masyarakat NTB berupa keris kepada para pemenang. Hal tersebut mendapat respon yang baik dari para pembalap. Bahkan, Sandiaga juga menyebutkan bahwa Pertamina Mandalika International Circuit menjadi sirkuit terindah dan terfavorit bagi para pembalap.

 

__Posted on
October 16, 2023
__Categories
News