Makin Gencar, Kanwil Kemenkumham NTB Targetkan Anubhawa Sasana Desa

Lombok TimurĀ  – Semakin gencar, Kanwil Kemenkumham NTB kembali kolaborasi dengan pemerintah daerah guna tingkatkan pemahaman masyarakat terkait kesadaran hukum, kali ini bertempat di Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Selasa (21/11).

 

Tim penyuluh hukum Kanwil Kemenkumham NTB hadir ditengah masyarakat desa Lendang Nangka yang meliputi pemerintah desa, aparat penegak hukum, pelajar, serta tokoh masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait pemahaman akan Kesadaran Hukum Masyarakat dan pembentukan/ pembinaan kelompok Kadarkum (Keluarga Sadar Hukum) bagi desa/ kelurahan binaan.

 

Pada kesempatan lain, Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan ungkap bahwa dirinya beserta jajaran telah berkomitmen penuh untuk membina desa/ kelurahan khususnya di wilayah NTB, demi meraih predikat Desa Sadar Hukum atau yang biasa disebut dengan istilah Anubhawa Sasana Desa , yang disahkan langsung oleh Menkumham Yasonna H Laoly.

 

“Kami menyambut baik kegiatan penyuluhan hukum dan berkomitmen mewujudkan pembentukan kelompok kadarkum /desa/ kelurahan

binaan di Desa Lendang Nangka serta menerbitkan SK Kelompok Kadarkum secepat mungkin agar dapat segera berkolaborasi dengan Kanwil Kemenkumham NTB dalam melakukan pembinaan hukum”, ungkap Kepala Desa Lendang Nangke Muhammad Isnaini.

 

Sebagaimana diketahui, desa/ kelurahan merupakan garda terdepan dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang terjadi di tengah masyarakat. Dengan adanya Kelompok Keluarga Sadar Hukum yang dibentuk Kanwil Kemenkumham NTB, masyarakat dapat menempuh jalur non litigasi melalui mediator handal yang telah dibentuk khususnya di Desa Lendang Nangke.

__Posted on
November 21, 2023
__Categories
News