Pj Gubernur Minta OPD Dukung Pelatda

MATARAM-Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi meminta OPD lingkup Pemprov NTB untuk ikut membantu pelaksanaan pemusatan latihan daerah (Pelatda) yang digelar KONI NTB.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Miq Gita ini saat membuka Pelatda Maju Melaju Bank NTB Syariah, Jumat (12/1). ”Pelatda ini bukan hanya jadi urusan KONI, pelatih, ketua cabor, dan atlet. Ini adalah tanggung jawab bersama,” ujarnya.

Miq Gita menegaskan, seluruh kepala OPD harus memberikan dukungan kepada pelaksanaan pelatda agar sukses. Misalnya Dinas Kesehatan bisa memantau kesehatan atlet secara berkala. Termasuk meningkatkan mental atlet sebelum bertanding dengan berbagai cara. ”Insyallah kendala yang sekarang sedang dihadapi, saya akan konsolidasikan untuk kelancaran pelatda,” katanya.

Pj Gubernur mengingatkan tugas atlet adalah berlatih dalam kondisi riang gembira dan tanpa tekanan. Fokus menjalani program dan menyempurnakan hal teknis ataupun non-teknis. ”Mulai sekarang jaga kekompakan untuk prestasi di PON Aceh-Sumatera Utara 2024 nanti,” tuturnya.

Lebih lanjut, Miq Gita mengatakan prestasi yang sudah didapat saat Pra-PON harus dimatangkan lagi. Sehingga pada saat PON nanti bisa mendapatkan hasil maksimal. ”Intinya semua pihak harus ikut berpartisipasi untuk meraih prestasi yang bagus,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KONI NTB Mori Hanafi menjelaskan pelatda ini diikuti 155 atlet dari 255 atlet yang lolos ke PON Aceh-Sumatera Utara. Mereka adalah atlet-atlet yang sudah dipetakan oleh Binpres berdasarkan hasil Pra-PON dan potensi. ”Kita sekarang harus mengatur sesuai keadaan fiskal. Kalau semua atlet langsung pelatda, anggaran tidak mencukupi. Jadi pelatda dilakukan bertahap,” katanya.

Menurut Mori, pelatda bertahap ini menjadi jalan keluar terbaik. Karena jika menunggu anggaran cukup untuk semua atlet maka pelatda tidak bisa segera dimulai. Padahal atlet-atlet harus segera berlatih maka momentumnya akan hilang dan atlet sulit mencapai hasil maksimal.

”Kita masih menunggu bantuan dari Bank NTB. Jika ini sudah ada maka atlet-atlet yang belum pelatda bisa segera menyusul tidak perlu mengikuti rencana yang sudah kita buat,” tandasnya.

__Posted on
January 13, 2024
__Categories
Olahraga