Bupati Dan Wakil Bupati Lombok Tengah Bagi Tim Pantau Pemilu

Lombok Tengah – Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah beserta rombongan melakukan kunjungan ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah kabupaten Lombok Tengah pada Rabu, 14 Februari 2024.

Kunjungan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengawasi secara langsung jalannya proses pemungutan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dalam kunjungan tersebut, tim dibagi menjadi dua kelompok. Tim pertama dipimpin oleh Bupati, didampingi oleh Kapolres, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Praya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Sekretaris Daerah. Sedangkan Tim Dua dipimpin oleh Wakil Bupati, bersama dengan Dandim, Kejaksaan Negeri Loteng, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kepala Kantor Urusan Keamanan, Ketertiban, dan Ketentraman Masyarakat (Kusbangpoldagri), serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lombok Tengah.

Bupati Pathul menjelaskan bahwa kegiatan kunjungan ke TPS ini merupakan bentuk tindak lanjut pelaksanaan ketentuan Pasal 440 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Pemerintah daerah melakukan pemantauan langsung terhadap situasi politik di daerah dengan memeriksa dinamika penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Lombok Tengah, guna mendeteksi dini potensi gesekan yang dapat menimbulkan konflik pada proses pemungutan suara,”kata Bupati

Dari hasil kunjungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa antusiasme warga untuk memenuhi hak pilihnya sangat tinggi. Bupati dan rombongan juga mengamati secara langsung proses pemungutan suara, serta memberikan arahan dan dorongan kepada petugas TPS untuk menjalankan tugas mereka dengan baik.

Sementara itu, Wakil Bupati Dr. Nursiah menyampaikan apresiasi kepada para petugas di sejumlah TPS yang dikunjungi. Dia juga memberikan penghargaan kepada anggota Polri, TNI, dan Satpol PP yang telah bekerja keras untuk menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu.

Dalam pantauannya di TPS, Wakil Bupati Dr. Nursiah juga ingin memastikan bahwa pelaksanaan pemilihan Presiden dan Legislatif dari tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses. Dia menegaskan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi ini.

“Alhamdulillah, pelaksanaannya berjalan lancar dan tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya,” ungkapnya.

__Posted on
February 14, 2024
__Categories
News