Wakil Bupati Loteng Ajak Guru TK dan PAUD Berinovasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Lombok Tengah – Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah, Wakil Bupati Dr. H.M. Nursiah telah mengajak seluruh guru Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk lebih berinovasi dan berkreasi dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak didik.

Hal ini disampaikan dalam acara Diklat Peningkatan Implementasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan di Aula Gedung PKK Kabupaten Lombok Tengah pada Sabtu, 3 Maret.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menegaskan bahwa pendekatan monoton dalam proses belajar-mengajar tidak lagi relevan. Guru-guru dituntut untuk menjadi kreatif dan inovatif sesuai dengan semangat kurikulum Merdeka yang menekankan dinamika dalam pembelajaran.

“Kegiatan ini adalah langkah konkret dalam penguatan kurikulum Merdeka. Saya mengapresiasi swadaya para guru dalam mendukung kegiatan ini,” ujar Wakil Bupati.

Dia juga menekankan pentingnya kesepakatan antara guru dan siswa dalam menciptakan lingkungan belajar yang penuh kasih sayang.

“Ada dua hal yang harus disepakati oleh guru dalam memberikan pendidikan kepada anak didik, yaitu sepakat untuk mencintai dan dicintai,” tambahnya.

Dalam konteks evaluasi implementasi kurikulum, Wakil Bupati menggarisbawahi peran penting teknologi dengan memperkenalkan penggunaan “dron” sebagai alat untuk memantau dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran.

Saat ini, terdapat sekitar 900 guru TK dan PAUD di Kabupaten Lombok Tengah yang diharapkan memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah, H.L. Idlham Khalid, membuka acara tersebut dengan menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh upaya-upaya inovatif dalam pembelajaran. “Kami berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan kurikulum Merdeka dan mendukung para guru dalam memperbaiki mutu pendidikan di daerah ini,” tutur H.L. Idlham Khalid.

Diharapkan, melalui dorongan ini, para guru TK dan PAUD di Kabupaten Lombok Tengah dapat memberikan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan semangat kurikulum Merdeka yang menitikberatkan pada inovasi dan kreativitas.

__Posted on
March 3, 2024
__Categories
Tak Berkategori