Lestarikan Lingkungan Hidup, Koramil Pujut Bersama Warga Tanam Mangrove

Lombok Tengah – Anggota Koramil-02/Pujut bersama warga yang tergabung dalam Gapoktan Pade Genem Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tenah melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove di kawasan Pantai Semunduk Desa Mertak, Jum’at (27/11/2020 ).

Kegiatan penanaman pohon Mangrove ini, dalam rangka pelaksanaan program padat karya di lahan seluas 9 hektar. Selain itu kegiatan penanaman Pohon Mangrove ini merupakan bentuk kepedulian dalam menjaga lingkungan alam serta melestarikan lingkungan dan mencegah terjadinya abrasi di kawasan pantai Semunduk.

Pada kesempatan tersebut, Danramil 1620-02/Pujut Kapten Cba Abdul Hamid menyampaikan penanaman batang mangrove yang dilaksanakan sebagai penyerap polutan, pencegah erupsi air laut, penelitian dan pendidikan, penyimpan karbon, wisata alam, tempat pemijahan ( breeding ground ) aneka biota laut.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari warga setempat dan Koramil 1620-02/Pujut terhadap kelestarian alam, karena alam telah memberi kita banyak kebaikan, sehingga kita wajib untuk menjaga keutuhan dan kelestarian hutan mangrove. Tentunya pohon Mangrove yang kita tanam saat ini bersama warga nantinya diharapkan dapat tumbuh dan mencegah terjadi abrasi di pantai. Apalagi pesisir pantai menjadi salah satu kawasan wisata yang diminati oleh para wisatawan saat berkunjung ke wilayah Kawasan Pantai Semunduk Desa Mertak, “Kata Danramil.

Terpisah Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP mengungkapkan bahwa, fungsi hutan Mangrove secara umum sebagai paru-paru dunia, tempat penyimpanan air dan untuk mengurangi polusi pencemaran udara.

Hutan mangrove dapat membawa keanekaragaman hayati dan menjadi sumber penghidupan bagi berbagai macam jenis binatang laut, seperti ikan, kepiting dan lainnya serta sangat penting untuk menyokong kehidupan serta sumber oksigen.

“Kawasan hutan mangrove di kawasan Pantai Semunduk Desa Mertak harus bersama-sama kita jaga kelestariannya agar anak cucu kita nanti dapat menikmati,” imbuhnya.

Dandim juga berharap agar Koramil-02/Pujut dan semua pihak dapat membantu dan berperan penuh di dalam melestarikan serta menghijaukan hutan bakau karena manfaatnya dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar.

__Posted on
November 27, 2020
__Categories
News