Akses Keterbukaan Publik, Kodim Loteng Inisiasi Pemasangan Data Penerima Dana Stimulan Rehab Rekon Di Desa Terdampak

Lombok Tengah, – Untuk mengetahui progres rehab rekon dan penerima dana stimulan warga terdampak gempa di wilayah Lombok Tengah, Kodim 1620/Loteng berinisiasi melakukan pemasangan banner di beberapa desa yang terdampak.

Banner yang terpasang tersebut berisikan data jumlah rumah warga penerima bantuan, jumlah pokmas dan progres pembangunan Rumah Tahan Gempa sampai saat ini.

Kegiatan pemasangan data dimulai sejak hari Sabtu hingga hari ini, Minggu 29 November 2020 yang dilakukan oleh Koramil jajaran Kodim 1620/Loteng di enam kecamatan terdampak gempa.

Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas, S.IP mengatakan bahwa sejak hari pertama pemasangan data di desa hadir bersama para Danramil, babinsa dan kepala desa setempat.

“Pemasangan banner data itu untuk memastikan bahwa semua warga di desa terdampak mengetahui baik jumlah penerima dana stimulan maupun progres pembangunan rumah tahan gempa,” terang Dandim.

Selain itu, akses keterbukaan publik kata Dandim yang lulusan Akmil 2002 ini sangat penting, sebagai bentuk pertanggungjawaban  kepada pemerintah pusat, sehingga menjadi kontrol sosial bersama oleh masyarakat.

“Ini sangat penting dilakukan agar ketika terjadi kesalahan dalam data dilapangan dapat dengan mudah dikoreksi dan diperbaiki bersama,” pungkasnya.

Adapun desa terdampak yang sudah terpasangkan banner data penerima dana bantuan stimulan pembangunan rumah tahan gempa adalah Desa Sukarara, Desa Labulia, Desa Sintung, Desa Pemepek, Desa Aik Darek, Desa Mantang, Desa Tratak, Desa Aik Bukak, Desa Wajageseng dan Desa Kopang Rembiga.

__Posted on
November 29, 2020
__Categories
News