Munas IV IKA Unram Diharapkan Berlangsung Demokratis dan Transparan

Mataram – Segenap alumni Universitas Mataram yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unram, menggelar buka puasa dan silaturahmi Ramadhan, Minggu (25/4) di De’ LaSirra Cafe, Kota Mataram.

Ketua Umum PP IKA Unram, Sirra Prayuna SH mengatakan, kegiatan di bulan Ramadhan seperti ini merupakan tradisi keluarga besar alumni Unram setiap tahun, terutama di saat bulan suci Ramadhan.

“Ini sudah tradisi PP IKA (Unram) bahwa setiap bula suci Ramadhan ada kesempatan untuk bertemu dan bersilaturahmi,” katanya.

Sirra mengatakan, tahun ini sedikit berbeda karena sebentar lagi IKA Unram akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke IV. Sehingga silaturahmi juga melibatkan panitia Munas dan jajarannya.

“Kami yakin panitia dan jajarannya telah berusaha maksimal untuk menyelenggarakan Munas ke IV IKA Unram mendatang,” ujarnya.

Sirra berharap, IKA Unram sebagai wadah para alumni Unram bisa menjadi perekat dan pemacu sinergitas antar alumni, di mana pun berada dan di sektor yang beragam.

Sinergitas dimaksud bukan hanya sekadar untuk pekerjaan atau bisnis pribadi semata, tetapi juga membangun jejaring yang kuat untuk turut berkontribusi positif bagi pembangunan daerah di NTB dan juga secara nasional.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Mataram, Prof. Dr. Enny Yuliani mengapresiasi kegiatan silaturahmi Ramadhan yang digelar IKA Unram.

“Alhamdulilah kita bisa bertemu dan tatap muka dalam buka bersama dan persiapan Munas. Universitas Mataram turut mendukung Munas IV IKA,” ujarnya seraya menambahkan agar pada acara Munas diharapkan menghasilkan penetapan AD/ART , Program kerja, dan Terpilihnya Ketua Umum Unram secara terbuka.

Selanjutnya WR III Universitas Mataram menyoroti data base Alumni merupakan hal yang harus diselesaikan bersama, meskipun di UNRAM ada yang menangani hal tersebut yaitu UPT BKPK ( Bimbingan Konseling dan Pengembangan Karier ) serta Aplikasi PRIMA ( Portofolio Mahasiswa dan Alumni ) yaitu sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mencatat riwayat mahasiswa dan Alumni.

“Kedepan, IKA UNRAM dapat membantu pelacakan Alumni agar potensi dan kapasitasnya terdata dengan baik,” imbuh Prof Enny Yuliani yang hadir disertai Kabag Kemahasiswa dan Alumni UNRAM , Farouk.

Transparansi Munas IKA Unram

Salah seorang alumni Unram, Lalu Aksar Ansori yang juga Sekretaris PW NU NTB berharap agar Munas IV IKA Unram berlangsung secara demokratis dan transparan.

“Sebab saat ini berkembang bahwa banyak alumni yang juga sudah merespons Munas IV IKA Unram ini. Mereka ingin maju dan mengelola IKA Unram. Tentu saja kami berharap Munas bisa berjalan terbuka dan transparan,” tutur pria yang juga Mantan Ketua KPU NTB .

Aksar mengatakan, saat ini panitia pelaksana semua kegiatan Munas kali ini adalah jajaran pengurus IKA Unram yang masih menjabat. Sehingga ia berharap transparansi dan keterbukaan tetap diutamakan.

“Kita berharap panitia yang terbentuk itu sudah saatnya semua perangkat yang kira-kira dibutuhkan dibuka saja. Sehingga alumni yang ingin maju bisa ikut berkompetisi dengan baik,” tukasnya.

Sementara Alumni UNRAM lainnya yakni Umar Ahmad Seth dan Suhardie Pram yang saat ini keduanya menjabat Komisioner Bawaslu NTB berharap jajaran panitia menyiapkan semua dokumen penunjang Munas seperti misalnya AD/ART, PO, formulir pendaftaran, LPJ dan lain-lain.

“Tiga dokumen awal itu harus tersampaikan pada masyarakat alumni Unram untuk diketahui,” kata Suhardie .

Menurut Umar, saat ini ada beberapa isu krusial yang menjadi perbincangan di kalangan alumni Unram terkait Munas. Misalnya, terkait tatacara atau sistem pencalonan dan sistem pemilihan. Hal ini perlu disosialisasikan lebih masif lagi sebelum jadwal Munas digelar.

“Sebenarnya sistem itu sudah diatur dalam AD/ART akan tetapi hal itu perlu disosialisasikan agar diketahui dan agar masing-masing alumni yang ingi maju, bisa mempersiapkan diri,” tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua dan Sekretaris Panitia Munas IKA UNRAM, Lalu Athari Fathulah dan Amri Nuryadi menjamin Munas IV IKA Unram yang berlangsung tanggal 29 – 30 Mei 2021 mendatang demokratis dan transparan.

Pihaknya sendiri mendorong para alumni untuk ikut maju dalam pemilihan Ketum IKA Unram periode selanjutnya.

“Karena IKA Unram organisasi terbuka dan demokratis , tentu siapa pun alumni punya hak dan peluang yang sama untuk maju dalam gelaran Munas nanti,” tukas Athari yang diamini Sekjend PP IKA Unram, Cukup Wibowo.

Sementara itu dalam acara buka puasa bersama dan silaturahmi ramadhan PP IKA Unram hadir sejumlah Alumni antara lain Dr Satrijo Saloko dosen , Yatik Kahar, ASN yang tinggal disumbawa besar , Ismail Marzuki, Humas Universitas Pendidikan Mandalika ( Undikma ) , Rahmanuddin , Hedon , keduanya aktivis pergerakan dan lainnya.

__Posted on
April 26, 2021
__Categories
News