Bupati Lotim Terima DIPA Dan TKDD Secara Virtual, Ini Arahan Presiden

Lombok Timur, – Bupati Lombok Timur bersama kepala daerah lainnya, juga kementerian dan lembaga menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2022. Penyerahan dilakukan secara langsung dan secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo, Senin (29/11).

Selain mengingatkan pentingnya APBN yang responsif, adaptif, dan fleksibel sebagai bagian dari kewaspadaan karena belum berakhirnya pandemi covid-19, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan bahwa APBN Tahun 2022 memiliki peran sentral.

“Sebagai Presidensi G20, kita harus menunjukkan kemampuan kita dalam menghadapi perubahan iklim, terutama dalam pengurangan emisi dan gerakan perbaikan lingkungan secara berkelanjutan. Kita harus menunjukkan aksi nyata komitmen kita kepada green and sustainable economy” ungkapnya.

Presiden menekankan enam fokus kebijakan APBN tahun 2022 yaitu: (1) Melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan. (2) Menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat yang kurang mampu dan rentan (3) Peningkatan SDM yang unggul, berintegritas dan berdaya saing. (4) Melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi. (5) Penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah. (6) Melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero based budgeting agar belajar lebih efisien.

__Posted on
November 30, 2021
__Categories
News