Lombok Tengah -Sebagai salah satu bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, RSUD Praya Kabupaten Lombok Tengah membangun Ruang VIP dan VVIP. Dua ruangan khusus ini diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Lombok Tengah. Dimana acara peresmian diawali dengan pemotongan tumpeng yang dilanjutkan dengan pemotongan pita tepat dipintu masuk menuju ruangan VIP dan VVIP.
Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr. H. M, Nursiah, S. Sos., M. Si menyatakan sangat mengapresiasi pembangunan ruangan tersebut. Sebab peningkatan kualitas layanan kesehatan terutama pelayanan di RSUD Praya harus terus didorong, agar tidak ada lagi keluhan dari masyarakat.
“Saat ini kualitas sarana dan prasarana ruang VIP dan VIPP sudah cukup baik, namun sarana dan prasaran ini harus diimbangi dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan di tugaskan,” ungkapnya.
Menurutnya, SDM yang ditempatkan di ruangan VIP dan VVIP tentunya harus berkompetensi dan memiliki skill yang cekatan dan mumpuni. Terutama dari segi etika, pelayanan haruslah ramah, murah senyum dan responsif terhadap kebutuhan pasien.
“Hal-hal ini akan memberikan rasa tenang dan percaya baik oleh pasien termasuk keluarganya pasien,” sambungya.
Sementara Direktur RSUD Praya, dr. Mamang Bagiansah Sp.PD, FINASIM.C.M.C. menyatakan bahwa, dalam peresmian ruang VIP dan VVIP ini tidak melibatkan pembangunan gedung baru, melainkan merenovasi gedung VIP yang sudah ada. Dimana angggaran renovasi tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Lombok Tengah tahun anggaran 2023 kemarin.
“Kita tidak bangun gedung baru namun hanya renovasi dan meningkatkan kualitas ruangan yang sudah ada,” ujarnya.
Selain merenovasi, ia juga mengakui melakukan pembangunan gedung baru pada dua ruangan VVIP yakni satu ruang VVIP di lantai satu dan satu ruang lagi dilantai dua.
“Yang kita bangun baru ada dua ruangan VVIP,” sambungnya.
Sedangkan untuk perbedaan ruang VIP biasa dengan VVIP ini ada pada luas ruangan, fasiltas seperti lemari, meja mini bar dan tempat tidur serta sofa untuk penunggu pasien. Dengan selesainya rehab bangunan ini, maka kini RSUD Praya memiliki 12 ruangan VIP standar dan 2 ruangan VVIP.
“Ini bukti komitmen pemerintah daerah dalam mendukung kami untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Gumi Tatas Tuhu Trasna,” tambahnya.
Sesuai dengan arahan Wabup terkait SDM, pihaknya akan menindaklanjuti dengan mempersiapkan SDM yang akan ditugaskan di ruang VIP dan VVIP. Ruangan VIP dan VVIP ini diharapkan dapat menjadi episentrum baru untuk kualitas pelayanan kesehatan yang berstandar tinggi di RSUD Praya, yang kemudian dapat menular ke semua titik-titik pelayanan yang lain.
“Kami menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati selaku pemilik RSUD Praya yang tidak pernah lelah memberikan arahan serta dukungan materil dan immateril bagi kemajuan RSUD Praya,” ujarnya.
Peresmian ruang VIP dan VVIP ini juga dibarengi dengan launching MHAS (Mandiri Hospital Application Solution), sebuah produk kerjasama RSUD Praya dengan PT Bank Mandiri. MHAS merupakan layanan web based yang memberikan kemudahan kepada RSUD Praya dalam memproses penerimaan pembayaran dari pasien, menyediakan rekonsiliasi, laporan dan dasboard penerimaan pembayaran baik dari pasien umum maupun pasien BPJS Kesehatan.
“Bahwa dengan MHAS ini rumah sakit dapat memonitoring transaksi dan klaim BPJS Kesehatan dari mana saja tanpa harus datang ke kantor. Melalui sistem ini, rumah sakit mampu merekonsiliasi data tagihan kliam BPJS Kesehatan serta menampilkan dalam bentuk laporan dan dasboard yang informatif,” paparnya.