Tingkatkan Kualitas Pariwisata, ITDC Gelar Pelatihan Hospitality Operation & Services The Mandalika

- Jurnalis

Minggu, 9 Maret 2025 - 21:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lombok Tengah – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan di kawasan The Mandalika, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC menggelar Pelatihan Internalisasi Nilai-nilai Hospitality Operation & Services The Mandalika pada Sabtu, (8/3) di Kantor ITDC The Mandalika. Pelatihan ini mengedepankan peningkatan keterampilan tenaga operation dan services dalam menerapkan standar hospitality, service excellent, dan quality service guna memberikan pengalaman terbaik bagi wisatawan serta mendukung pengelolaan kawasan wisata secara profesional.

Pelatihan yang diikuti oleh 48 peserta, mayoritas berasal dari beberapa desa sekitar kawasan The Mandalika. Dengan keterlibatan tenaga kerja lokal di The Mandalika, ITDC tidak hanya meningkatkan standar layanan, tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat sekitar untuk berkontribusi lebih besar dalam industri pariwisata dan sebagai bagian dari pengembangan kawasan wisata yang berkelanjutan.

PGS. General Manager The Mandalika Wahyu M. Nugroho menyampaikan, “Sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), The Mandalika harus memiliki standar layanan yang tinggi di setiap aspeknya, termasuk dalam kebersihan dan keamanan. Operation & Services memiliki peran yang sangat krusial dalam memastikan kenyamanan pengunjung. Dengan pelatihan hospitality, kami ingin membekali mereka dengan keterampilan yang tidak hanya meningkatkan efisiensi kerja, tetapi juga menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi wisatawan.”

Baca Juga :  Kapolres Loteng Apresiasi Masyarakat Taati Larangan Liburan ke Lokasi Wisata

Sejumlah pakar di bidang hospitality hadir untuk memberikan pembekalan teori dan praktik kepada peserta. Materi hospitality management disampaikan oleh Muhammad Muchlis, Hotel Manager Pullman Lombok Mandalika Beach Resort, yang menekankan pentingnya membangun budaya kerja berbasis keramahan dan efisiensi. Sesi service excellent dan grooming dipandu oleh Bambang Eka Surya, Director Talent & Culture Pullman Lombok Mandalika Beach Resort, yang menekankan pentingnya penampilan profesional dan pelayanan prima dalam menciptakan pengalaman positif bagi pengunjung. Sementara itu, I Made Merta, Director of Housekeeping Pullman Lombok Mandalika Beach Resort memberikan materi tentang quality service yang membahas standar kebersihan dan perawatan fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan.

Baca Juga :  Gubernur NTB Minta Imigrasi dan Lapas Berbenah

Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke The Mandalika, ITDC terus berupaya meningkatkan standar pelayanan. Berdasarkan data terakhir, jumlah kunjungan wisatawan ke The Mandalika sepanjang tahun 2024 telah mencapai 1.241.742 pengunjung, meningkat sebesar 150% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini menegaskan pentingnya profesionalisme dalam pengelolaan kawasan agar tetap menjadi destinasi unggulan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Pelatihan Internalisasi Nilai-nilai Hospitality Operation & Services The Mandalika merupakan salah satu dari serangkaian program peningkatan kapasitas yang dirancang ITDC untuk memastikan setiap elemen di kawasan wisata mampu memberikan layanan terbaik. Dengan langkah-langkah ini, The Mandalika diharapkan tidak hanya menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia, tetapi juga menjadi contoh dalam pengelolaan kawasan pariwisata yang profesional dan berkelanjutan.“ tutup Wahyu.

 

Berita Terkait

Bupati Pimpin Pembuatan Formasi 80 HUT RI di Sirkuit Mandalika
Festival Budaya dan Kuliner sasak Di Pringgarata Akan Di Meriahkan Artis Nasional Kirey dan Dara
ITDC Dorong Ekonomi Berbasis Sportainment Tourism Lewat FIM ARRC, Mandalika Racing Series Porsche Carrera, dan Mandalika Suka-Suka
HUT RI Ke-80, Kades Dan Ketua BPD Desa Taman Indah Lepas Puluhan Peserta Gerak Jalan Indah
Ribuan Peserta Jalan Sehat Meriahkan HUT RI ke-80 Di Desa Taman Indah Pringgarata
ITDC Serahkan Lahan TTA3-A di The Mandalika untuk Percepatan Investasi dan Pengembangan Kawasan  
Mahasiswa KKN Universitas Mataram Ciptakan Hidroponik dari Botol Bekas dan Gelar Sosialisasi Pertanian Ramah Lingkungan
Poltekpar Lombok Gelar Yudisium ke-VI Selama Dua Hari, 284 Mahasiswa Resmi Menyandang Gelar Sarjana

Berita Terkait

Jumat, 15 Agustus 2025 - 19:06 WIB

Bupati Pimpin Pembuatan Formasi 80 HUT RI di Sirkuit Mandalika

Jumat, 15 Agustus 2025 - 18:56 WIB

Festival Budaya dan Kuliner sasak Di Pringgarata Akan Di Meriahkan Artis Nasional Kirey dan Dara

Selasa, 12 Agustus 2025 - 19:32 WIB

ITDC Dorong Ekonomi Berbasis Sportainment Tourism Lewat FIM ARRC, Mandalika Racing Series Porsche Carrera, dan Mandalika Suka-Suka

Senin, 11 Agustus 2025 - 21:52 WIB

HUT RI Ke-80, Kades Dan Ketua BPD Desa Taman Indah Lepas Puluhan Peserta Gerak Jalan Indah

Minggu, 10 Agustus 2025 - 19:48 WIB

Ribuan Peserta Jalan Sehat Meriahkan HUT RI ke-80 Di Desa Taman Indah Pringgarata

Berita Terbaru

Lombok Tengah

Bupati Pimpin Pembuatan Formasi 80 HUT RI di Sirkuit Mandalika

Jumat, 15 Agu 2025 - 19:06 WIB