Tingkatkan Kualitas Pariwisata, ITDC Gelar Pelatihan Hospitality Operation & Services The Mandalika

- Jurnalis

Minggu, 9 Maret 2025 - 21:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lombok Tengah – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan di kawasan The Mandalika, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC menggelar Pelatihan Internalisasi Nilai-nilai Hospitality Operation & Services The Mandalika pada Sabtu, (8/3) di Kantor ITDC The Mandalika. Pelatihan ini mengedepankan peningkatan keterampilan tenaga operation dan services dalam menerapkan standar hospitality, service excellent, dan quality service guna memberikan pengalaman terbaik bagi wisatawan serta mendukung pengelolaan kawasan wisata secara profesional.

Pelatihan yang diikuti oleh 48 peserta, mayoritas berasal dari beberapa desa sekitar kawasan The Mandalika. Dengan keterlibatan tenaga kerja lokal di The Mandalika, ITDC tidak hanya meningkatkan standar layanan, tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat sekitar untuk berkontribusi lebih besar dalam industri pariwisata dan sebagai bagian dari pengembangan kawasan wisata yang berkelanjutan.

PGS. General Manager The Mandalika Wahyu M. Nugroho menyampaikan, “Sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), The Mandalika harus memiliki standar layanan yang tinggi di setiap aspeknya, termasuk dalam kebersihan dan keamanan. Operation & Services memiliki peran yang sangat krusial dalam memastikan kenyamanan pengunjung. Dengan pelatihan hospitality, kami ingin membekali mereka dengan keterampilan yang tidak hanya meningkatkan efisiensi kerja, tetapi juga menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi wisatawan.”

Baca Juga :  Tingkatkan Kekebalan, Lanud ZAM Gelar Vaksinasi

Sejumlah pakar di bidang hospitality hadir untuk memberikan pembekalan teori dan praktik kepada peserta. Materi hospitality management disampaikan oleh Muhammad Muchlis, Hotel Manager Pullman Lombok Mandalika Beach Resort, yang menekankan pentingnya membangun budaya kerja berbasis keramahan dan efisiensi. Sesi service excellent dan grooming dipandu oleh Bambang Eka Surya, Director Talent & Culture Pullman Lombok Mandalika Beach Resort, yang menekankan pentingnya penampilan profesional dan pelayanan prima dalam menciptakan pengalaman positif bagi pengunjung. Sementara itu, I Made Merta, Director of Housekeeping Pullman Lombok Mandalika Beach Resort memberikan materi tentang quality service yang membahas standar kebersihan dan perawatan fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan.

Baca Juga :  Polres Lombok Tengah Kawal PMI Yang Tiba Di Bandara LIA Hingga Ke Tempat Karantina

Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke The Mandalika, ITDC terus berupaya meningkatkan standar pelayanan. Berdasarkan data terakhir, jumlah kunjungan wisatawan ke The Mandalika sepanjang tahun 2024 telah mencapai 1.241.742 pengunjung, meningkat sebesar 150% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini menegaskan pentingnya profesionalisme dalam pengelolaan kawasan agar tetap menjadi destinasi unggulan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Pelatihan Internalisasi Nilai-nilai Hospitality Operation & Services The Mandalika merupakan salah satu dari serangkaian program peningkatan kapasitas yang dirancang ITDC untuk memastikan setiap elemen di kawasan wisata mampu memberikan layanan terbaik. Dengan langkah-langkah ini, The Mandalika diharapkan tidak hanya menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia, tetapi juga menjadi contoh dalam pengelolaan kawasan pariwisata yang profesional dan berkelanjutan.“ tutup Wahyu.

 

Berita Terkait

ITDC Lanjutkan Komitmen Pengembangan SDM, InJourney Hospitality House di The Mandalika Masuki Tahun Ketiga
Dewan Lalu Pelita Putra Sosialisasikan Raperda Perlindungan PMI Asal NTB, Masyarakat Pringgarata Sambut Baik
L. M. Ahyar Resmi Dilantik Menjadi Wakil Ketua DPRD Lombok Tengah
Pemkab Lombok Tengah Gelar Sosialisasi Anti Korupsi dan Gratifikasi
Reses L. Abdussahid Didominasi Persoalan Inprastruktur Jalan
Wakil Bupati Lombok Tengah Tandatangani MOU Dengan Rektor UNDIKSHA Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Lombok Tengah Satu-satunya di NTB Terapkan Manajemen Talenta ASN, 53 Pejabat Jalani Asesmen
Kosabangsa 2025 Dorong Transformasi Ekonomi Desa Kayangan Lewat Teknologi dan Digitalisasi

Berita Terkait

Rabu, 26 November 2025 - 13:49 WIB

ITDC Lanjutkan Komitmen Pengembangan SDM, InJourney Hospitality House di The Mandalika Masuki Tahun Ketiga

Jumat, 21 November 2025 - 17:52 WIB

Dewan Lalu Pelita Putra Sosialisasikan Raperda Perlindungan PMI Asal NTB, Masyarakat Pringgarata Sambut Baik

Senin, 17 November 2025 - 15:35 WIB

L. M. Ahyar Resmi Dilantik Menjadi Wakil Ketua DPRD Lombok Tengah

Senin, 10 November 2025 - 10:44 WIB

Pemkab Lombok Tengah Gelar Sosialisasi Anti Korupsi dan Gratifikasi

Minggu, 9 November 2025 - 09:26 WIB

Reses L. Abdussahid Didominasi Persoalan Inprastruktur Jalan

Berita Terbaru

Lombok Tengah

Pemkab Lombok Tengah Gelar Sosialisasi Anti Korupsi dan Gratifikasi

Senin, 10 Nov 2025 - 10:44 WIB