Tiada Henti Berjuang Perbaiki Pelayanan RSUD Praya, Mamang: Mohon Pengertian Masyarakat

- Jurnalis

Kamis, 8 Agustus 2024 - 12:23 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lombok Tengah – Upaya perbaikan dan pembenahan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Praya terus dilakukan. Tidak hanya pembenahan interior rumah sakit tetapi Juga eksterior seperti pernyataan halaman dan parkir. Hanya saja tidak semua masyarakat memahami proaes pembenahan tersebut,

Direktur RSUD Praya dr. Mamang Bagiansyah mengapresiasi kritik saran dari masyarakat. Bagi Mamang kritik saran yang konstruktif menjadi cambuk untuk perbaikan pelayanan lebih baik lagi.

“Kami tidak anti kritik, silahkan krtiik dan sarannya yang positif untuk perbaikan pelayanan, terima kasih sebesar2nya atas atensi, atas koreksi, kritik saran masyarakat pengguna layanan di RSUD Praya” kata Mamang melalu whatsapp Kamis 8/8/2024

Bagi Mamang, RSUD Praya tiada henti berjuang memperbaiki segala sisi pelayanan (baik medis maupun non medis) yang memang masih banyak kekurangan. Untuk diketahui kata Mamang sebagai bagian dari upaya perbaikan tersebut, per 26 Juli 2024 pihaknya mulai mengimplementasikan modul SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) yang baru. Yaitu dalam tahap pertama ini adalah modul Rekam Medik Elektronik (RME).

Baca Juga :  Lombok Akan Jadi Tuan Rumah WIPO dan AWGIPC ke 71

Dengan RME ini lanjutnya, disamping memang perintah Undang-Undang, akan terwujud proses pelayanan yang sangat efisien. Mulai sejak pendaftaran online, hingga layanan resep obat elektronik.

“Jadi tidak perlu lagi ada cetak berkas rekam medik, tidak perlu lagi cetak berkas billing pasien, tidak perlu lagi cetak buku resep, dan sebagainya. Juga akan ada efisiensi sumber daya manusia: tidak perlu lagi tenaga untuk antar-antar berkas rekam medik, tidak perlu lagi ruang besar untuk nyimpan berkas” ujarnya.

Setelah mendaftar (check in), pasien tinggal duduk manis langsung di poli tujuan masing-masing. Sesuai jadwal, dokter spesialis datang periksa, rekam medis pasien sudah berurutan di komputer, dokter isi semua data di sistem, termasuk untuk memesan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium dan radiologi cukup dari komputer. Hingga pelayanan resep, juga akan beralih ke sistem elektronik/digital.

Hanya saja kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam itu dalam masa transisi ini, ketika semua masih harus membiasakan diri mengentri di dalam sistem tersebut., kemudian jaringan internet cepat yang juga sedang dipasang, maka pasti akan ada renjatan-renjatan proses pelayanan. Sekali lagi karena saat ini masih fase transisi.

Baca Juga :  Jaksa Agung Republik Indonesia Memberikan Atensi Khusus Terhadap Pemberantasan Mafia Tanah Dan Mafia Pelabuhan

“Untuk antisipasi hal ini, kami telah mencetak banner pengumuman permakluman kepada pasien dan keluarga, ada juga flyer elektronik, pun setiap hari ada tim PKRS yang mensosialisasikan situasi ini kepada pengunjung di unit-unit pelayanan” jelasnya

Sebagai salah satu instansi pelayanan publik, Mamang berkeyakinan tidak akan mampu memuaskan semuanya. Karena hanya Allah SWT pemilik kesempurnaan itu. “Yang dapat kami janjikan adalah upaya tiada henti untuk terus berbenah, “Beriuk Meriri (Benahi bersama sama)” ujarnya

Mamang Bagiansah berharap agar masyarakat Lombok Tengah semakin dewasa dalam menyampaikan kritik saran, perubahan menuju kebaikan juga membutuhkan proses, waktu, energi, biaya, dan tentu saja kesabaran semua pihak.

“Semoga layanan publik di Lombok Tengah kedepan semakin maju” harapnya.

Berita Terkait

Diskominfo Lombok Tengah dan BPS Jalin Kerja Sama Dorong Satu Data Daerah
Panen Raya di Teruwai, Lombok Tengah Tunjukkan Ketangguhan Sebagai Lumbung Pangan Nasional
Pastikan Layanan Kesehatan Tetap Berjalan Saat Libur Lebaran, Wabup Sidak 6 Puskesmas di Lombok Tengah
Bupati Lombok Utara Ajak Warga Saling Memaafkan di Hari Idulfitri
Wamenpar Pantau Arus Mudik dan Berikan Kuliah Umum di Kampus Poltekpar
ITDC Siap Sambut Wisatawan Selama Libur Lebaran 2025, Tiga Destinasi Unggulan Berbenah
GP Hub Hadir di Makassar, Tiket MotoGP™ 2025 Harga Istimewa Dan Hadiah Menarik
ITDC Hadirkan Berkah Ramadhan: Dari Buka Puasa Bersama, Santunan dan Bagikan Paket Sembako

Berita Terkait

Selasa, 15 April 2025 - 10:29 WIB

Diskominfo Lombok Tengah dan BPS Jalin Kerja Sama Dorong Satu Data Daerah

Selasa, 8 April 2025 - 18:10 WIB

Panen Raya di Teruwai, Lombok Tengah Tunjukkan Ketangguhan Sebagai Lumbung Pangan Nasional

Kamis, 3 April 2025 - 12:33 WIB

Pastikan Layanan Kesehatan Tetap Berjalan Saat Libur Lebaran, Wabup Sidak 6 Puskesmas di Lombok Tengah

Selasa, 1 April 2025 - 14:30 WIB

Bupati Lombok Utara Ajak Warga Saling Memaafkan di Hari Idulfitri

Kamis, 27 Maret 2025 - 03:58 WIB

Wamenpar Pantau Arus Mudik dan Berikan Kuliah Umum di Kampus Poltekpar

Berita Terbaru